Ratusan Sapi di Lombok Tengah Positif Terserang Virus PMK

Hasil sampel sudah diterima oleh dinas terkait

Lombok Tengah, IDN Times - Sejumlah ternak sapi milik warga di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) positif terserang virus penyakit mulut dan kuku (PMK). Ini diketahui setelah dinas setempat mendapatkan hasil sampel yang diuji.

"Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah telah menerima hasil sampel yang dikirim ke Laboratorium di Denpasar. Hasilnya positif PMK," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Tengah Lalu Taufikurahman seperti dikutip dari Antara, Kamis (12/5/2022).

1. Virus menyebar di dua kecamatan

Ratusan Sapi di Lombok Tengah Positif Terserang Virus PMKIlustrasi Peternakan Sapi Perah (IDN Times/Shemi)

Penyebaran virus PMK ini mulai meluas hingga di dua kecamatan. Sebelumnya, di Desa Kelebuh, Kecamatan Praya Tengah sebanyak 63 ekor, bertambah menjadi 150 ekor di Desa Puyung dan Desa Barejulat, Kecamatan Jonggat.

"Gejala yang dialami itu hampir sama, secara populasi ternak sapi itu suspek PMK," katanya.

Taufikurrahman mengatakan dengan adanya kejadian itu, pihaknya bergerak cepat dengan melakukan pengobatan dan penyemprotan disinfektan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus PMK ke hewan lainnya.

"Sapi yang terkena PMK kita isolasi secara kelompok," ujarnya.

Baca Juga: Buntut Kasus Korupsi ICU, Mantan Direktur RSUD Lombok Utara Ditahan

2. Sosialisasi ke masyarakat

Ratusan Sapi di Lombok Tengah Positif Terserang Virus PMKIlustrasi ternak sapi yang akan dipotong. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan adanya wabah penyakit ternak yang mulai menyerang puluhan sapi di Lombok Tengah. Sehingga ,penyebaran virus PMK itu tidak meluas ke kecamatan lainnya.

"Kita juga akan memperketat akses keluar masuk ternak sapi di Lombok Tengah untuk mencegah penyebaran virus PMK tersebut," ujarnya.

Masyarakat juga diimbau untuk melapor jika menemukan hewan ternaknya tiba-tiba sakit secara bersamaan. Sehingga dapat diperiksa dan segera dibeirkan obat.

3. Gejala yang dialami hewan

Ratusan Sapi di Lombok Tengah Positif Terserang Virus PMKIlustrasi sapi. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sebelumnya, puluhan ekor sapi di Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah diduga terkena virus dengan gejala yang hampir sama dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang merebak di Jawa Timur.

Dari hasil pemeriksaan di lapangan terhadap yang diduga terkena PMK, gejala yang dialami, seperti adanya lelehan lendir dari mulut, hidung, luka di hidung, air liur berlebihan dan panas badan terlalu tinggi mencapai 37 derajat, deman serta di antara kuku kaki ada luka. Sehingga, tidak ada nafsu makan, yang mengakibatkan lema.

Baca Juga: Puluhan Hewan Ternak Warga Lombok Tengah Diduga Terserang Virus

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya