Polres Lombok Utara Selediki Penyebab Kebakaran di Gili Trawangan 

Hotel yang mengalami kebakaran dipasangi garis polisi

Lombok Utara, IDN Times – Polres Lombok Utara melakukan penyelidikan penyebab kebakaran yang terjadi di salah satu hotel di Gili Trawangan pada Sabtu (30/7/2022). Polisi juga sudah memberi garis polisi di bangunan yang menjadi lokasi kebakaran itu.

Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta dalam siaran persnya mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima infomasi kebakaran pada saat kejadian, yaitu sekitar pukul 19.00 WITA pada hari itu. Jumlah kamar yang terbakar di Ocean Resort Jambuluwuk Gili Trawangan Kecamatan Pemenang  itu sebanyak 59 kamar.

“Selain 59 kamar turut juga terbakar 8 lokal kamar yang difungsikan untuk Gudang,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima IDN Times pada Senin (1/8/2022).

1. Angin kencang sebabkan api cepat meluas

Polres Lombok Utara Selediki Penyebab Kebakaran di Gili Trawangan Polisi melakukan olah TKP lokasi kebakaran di Gili Trawangan (Dok Polres Lombok Utara)

I Wayan Sudarmanta mengatakan, akibat angin yang cukup kencang, selain Hotel Oceano Resort, api juga menjalar ke Eden Cotage yang berada tepat di belakang Oceano Resort dan menyebabkan 2 kamar Eden Cotage turut terbakar.

Dia mengatakan bahwa kronologis peristiwa kebakaran, sekitar pukul 19.00 wita nyala api dilihat pertama kali oleh tamu hotel yang menginap di kamar 174 dan 175. Mereka melihat terdapat  nyala api di atap kamar nomor 179.

Saksi kemudian menghubungi petugas hotel yang ada di front office atas nama Hartawan yang langsung meminta bantuan kepada karyawan yang lain dan masyarakat sekitar untuk memadamkan api.

Baca Juga: Hotel Oceano Resort di Gili Trawangan Hangus Terbakar

2. Tamu menginap berasal dari Eropa

Polres Lombok Utara Selediki Penyebab Kebakaran di Gili Trawangan Polisi melakukan olah TKP lokasi kebakaran di Gili Trawangan (Dok Polres Lombok Utara)

Tamu yang menginap di Kamar 174 dan 175 merupakan satu rombongan yang berasal dari Belanda. Sementara kamar 179 dihuni oleh satu keluarga yang ebrasal dari Prancis.

Pada saat kejadian tersebut, kamar nomor 179 dalam keadaan kosong karena tamu yang menginap  di kamar 179 sedang melakukan aktivitas di luar hotel.

Beruntungnya semua tamu hotel berhasil selamat dan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

3. Atap menggunakan ilalang

Polres Lombok Utara Selediki Penyebab Kebakaran di Gili Trawangan Polisi menunjukkan barang bukti yang ditemukan di lokasi kebakaran (Dok Polres Lombok Utara)

Kapolres mengatakan bahwa sebagian besar atap bangunan hotel Oceano Resort Jambu luwuk menggunakan alang – alang. Kondisi cuaca dalam keadaan angin kencang sehingga menyebabkan api dengan cepat menjalar hampir ke seluruh bangunan.

"Api baru dapat dipadamkan dengan menggunakan alat seadanya sekitar pukul 21.30 wita, dan atas kejadian tersebut hotel Oceana Resort Jambu Luwuk mengalami kerugian materil yang belum di ketahui jumlahnya, bersyukur tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut," terangnya.

Atas peristiwa itu Polri melalui Polres Lombok Utara melakukan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara ( TPTKP), dan selanjutnya memasang police line untuk mengamankan status qou. Kemudian Melakukan pemeriksaan kepada beberapa orang saksi yang di lakukan oleh Sat Reskrim Polres Lombok

"Dan selama proses itu berlangsung personel Polres Lombok Utara tetap melakukan pengamanan di lokasi kejadian guna memastikan situasi tetap aman," imbuhnya.

Polres Lombok Utara juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Gili Trawangan agar selalu waspada sehingga peristiwa serupa dapat dihindari. Polisi juga  mengajak warga masyarakat untuk selalu bersama-sama menciptakan kondusifitas di Gili Trawangan.

Baca Juga: Pasca Kebakaran, Gili Trawangan Dipastikan Aman Dikunjungi Turis

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya