Kota Tua Ampenan Akan Ditata Menjadi Ruang Kreatif

Tahap awal dialokasikan anggaran Rp200 juta

Mataram, IDN Times - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah melakukan penataan terhadap sebuah bangunan tua di bagian pojok Taman Jangkar Ampenan untuk dijadikan ruang kreatif sekaligus bisa menjadi destinasi wisata kota tua di daerah ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Selasa mengatakan penataan ruang kreatif tersebut sudah dimulai dengan melakukan pengecatan bangunan dengan warna yang lebih menarik.

"Kita tata dan percantik hanya bagian luar bangunan saja, sedangkan bagian dalamnya masih utuh," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (11/5/2022). 

1. Agar terlihat menarik dan unik

Kota Tua Ampenan Akan Ditata Menjadi Ruang KreatifKota Mataram (instagram.com/irfan_fandwinata)

Dikatakan, penataan bangunan tersebut saat ini tinggal pengecatan jendela dan pintu serta lahan di bagian depan, agar bisa terlihat lebih menarik dan unik.

Sebagai pelengkap, pada bagian atas luar gedung tua itu akan dipasang jam dinding dengan ukuran besar sehingga dapat memudahkan masyarakat maupun wisatawan yang berada di sekitar areal tersebut sekaligus menjadi identitas kawasan Kota Tua Ampenan.

"Untuk anggaran penataan tahap awal, kita alokasikan anggaran Rp200 juta," katanya.

Baca Juga: Indahnya Pemandangan Bawah Laut Gili Asahan di Lombok Barat

2. Memotivasi pemilik bangunan tua sekitarnya

Kota Tua Ampenan Akan Ditata Menjadi Ruang KreatifTwitter.com/infoampenan

Denny mengatakan, penataan bangunan tua yang kini sudah menjadi milik Pemerintah Kota Mataram dimaksudkan juga untuk memberikan motivasi terhadap para pemilik bangunan tua di sekitarnya agar mau menata bangunan miliknya secara mandiri.
Sementara terkait dengan para pedagang durian yang berada di Taman Jangkar, kata Denny, direncanakan akan direlokasi karena dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga akan melakukan penataan Taman Jangkar.

"Dengan demikian, penataan bangunan tua sebagai ruang kreatif bisa terintegrasi dengan Taman Jangkar yang juga merupakan satu sejarah Kota Tua Ampenan," katanya.

3. Tentang Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan Akan Ditata Menjadi Ruang KreatifSalah satu warung makanan di Pantai Ampenan yang ada di Kota Tua Ampenan (Travelingyuk)

Kota Tua Ampenan yang berlokasi di Kecamatan Ampenan Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kota tua ini memiliki banyak cerita. Salah satunya menjadi pusat bisnis perdagangan pada zaman dulu.

Kota Tua Ampenan juga menjadi tempat yang unik dan menarik untuk mengambil gambar. Selain itu, di sini juga terdapat Pantai Ampenan yang konon katanya merupakan Pelabuhan khusus bisnis atau niaga pada zaman penjajahan dulu.

Saat berkunjung ke kawasan Kota Tua Ampenan tentunya wisatawan akan menjumpai kotanya yang beragam, karena terdiri dari beberapa perkampungan. Seluruh perkampungan yang ada di dalam kawasan ini terdiri dari beragam etnis dan suku. 

Namun meskipun satu dan yang lain cukup berbeda, mereka selalu berupaya untuk hidup rukun. Sehingga secara tidak langsung hal ini membuat suasana perkampungan selalu damai dan nyaman.  

Dalam perkampungan yang ada di Kota Tua Ampenan rupanya terdapat banyak warga dengan suku yang berbeda. Ada Melayu, Tionghoa, Jawa, Bugis, Arab, Sasak dan lain-lain.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik tentang Pura Batu Bolong di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya