Hujan Deras di Bima saat Gempa 7.4 SR Guncang NTT

Kondisi aman, tetapi kesulitan hubungi kerabat di pesisir

Bima, IDN Times - Warga di Kabupaten Bima berhamburan keluar rumah dan keluar dari kantornya saat gempa berkekuatan 7.4 magnitudo guncang perairan Nusa Tenggara Timur. Salah satu yang merasakan guncangan gempa di Kabupaten Bima adalah Atin. Lokasi Bima yang berdekatan dengan Nusa Tenggara Timur itu membuatnya khawatir akan dampak dari gempa yang terjadi hari ini.

Atin mengaku saat gempa terjadi, dia sedang berada di dalam gedung Pemeritah Kabupaten Bima. Semua penghuni gedung berhamburan ke luar untuk menyelamatkan diri. Meski demikian, kondisi saat ini cukup aman. Saat ini cuaca di Bima sedang dalam kondisi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

1. Berusaha hubungi keluarga di pesisir

Hujan Deras di Bima saat Gempa 7.4 SR Guncang NTTIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Atin berusaha menghubungi keluarganya yang berada di dekat pantai di Bima, namun tak ada jawaban. Sementara kondisi di Bima saat ini sedang hujan deras. Sehingga dia tidak bisa langsung pulang untuk melakukan evakuasi terhadap keluarganya.

“Saat ini sedang hujan deras, sehingga saya behenti untuk berteduh. Saya berusaha menghubungi keluarga saya, tetapi tidak ada jawaban,” ujarnya kepada IDN Times, Selasa (14/12/2021)

2. Pernah diterjang tsunami

Hujan Deras di Bima saat Gempa 7.4 SR Guncang NTTIlustrasi info tsunami (IDN Times/Arief Rahmat)

Atin mengatakan bahwa rumahnya yang ada di semenanjung Bima itu pernah diterjang tsunami beberapa tahun yang lalu. Namun tsunami yang datang bukan berbentuk gelombang tinggi.

“Tsunaminya seperti air pasang, seperti tsunami di Jepang. Karena di sini kan bentuknya seperti teluk. Itu pernah terjadi beberapa tahun lalu. Itu juga yang membuat saya khawatir saat ini,” ujarnya.

3. BMKG keluarkan peringatan dini tsunami

Hujan Deras di Bima saat Gempa 7.4 SR Guncang NTTIlustrasi gelombang tsunami. (IDN Times/Sukma Shakti)

Gempa bumi berkekuatan 7,5 Magnitudo guncang Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Selasa (14/12/2021) sekitar pukul 11:20 WITA. Gempa yang berpusat di Laut Larantuka NTT ini terasa hingga Kabupaten Bima NTB.

Dalam situs resmi BMKG gempa berkekuatan 7,5 membuat sirine Peringatan Dini nyala.
Tsunami diprediksi terjadi untuk wilayah: Maluku, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara. Gempa yang berkoordinat: 7.59 LS, 122.26 BT ini terletak di 112 km Barat Laut Larantuka-NTT. Ada pun kedalaman gempa capai 12 Km.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mataram Ardhianto Septiadhi mengatakan untuk NTB (Bima dan Dompu) berdasarkan hasil analisa berada di daerah waspada.

"Artinya ketinggian tsunami tidak signifika namun saran kami untuk menghindari aktivitas di pantai di sekitar daerah yg disebutkan," singkat Ardhi.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 7,5 SR di NTT, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya