Hotel di Gili Trawangan Kebakaran, Listrik Satu Pulau Padam

Kebakaran terjadi saat ramai pengunjung

Lombok Utara, IDN Times - Hotel Oceano Resort Jambu Luwuk di Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang,  Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dilaporkan mengalami kebakaran pada Sabtu, sekitar pukul 19.15 Wita di saat pulau tersebut sedang ramai kunjungan wisatawan.

Dilansir Antara, Ketua Gili Hotels Association (GHA) Lalu Kusnawan yang dihubungi dari Mataram, Sabtu malam, membenarkan peristiwa kebakaran bangunan hotel Oceano Resort Jambu Luwuk yang terbuat dari kayu beratapkan rumput ilalang.

1. Wisatawan dievakuasi

Hotel di Gili Trawangan Kebakaran, Listrik Satu Pulau PadamPetugas menarik kabel bawah laut sistem kelistrikan destinasi wisata 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) di perairan Gili Trawangan. (Dok. Istimewa)

Ia mengatakan akibat kebakaran tersebut para wisatawan yang menginap di hotel dekat lokasi kebakaran, dievakuasi ke tempat lebih aman untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih Gili Trawangan sedang dalam musim ramai kunjungan wisatawan.

Kusnawan menegaskan masyarakat melakukan upaya pemadaman dengan mengandalkan alat seadanya karena tidak ada mobil pemadam kebakaran di pulau tersebut.

"Saya bersama warga juga masih berupaya agar api tidak menjalar ke tempat lain," kata pria yang juga Ketua Indonesian Hotel General Manager (IHGMA) NTB itu.

Baca Juga: Jelang WSBK Mandalika, NTB Mulai Siapkan Akomodasi Perhotelan  

2. Sebabkan pemadaman listrik

Hotel di Gili Trawangan Kebakaran, Listrik Satu Pulau PadamIlustrasi listrik padam.IDN Times/Helmi Shemi

Selain menghanguskan bangunan hotel, kebakaran tersebut juga menyebabkan pemadaman listrik karena PLN memadamkan tujuh gardu distribusi dengan tujuan untuk mengamankan jaringan listrik di sekitar lokasi kebakaran.

Hingga berita ini diturunkan, masyarakat masih berupaya melakukan pemadaman api dengan alat seadanya. Belum ada informasi adanya korban jiwa. 

3. Tentang Gili Trawangan

Hotel di Gili Trawangan Kebakaran, Listrik Satu Pulau PadamSepeda untuk menjelajah Gili Trawangan milik Pearl of Trawangan (IDN Times/Naufal Al Rahman)

Gili Trawangan merupakan salah satu desatinasi wisata primadona di Kabupaten Lombok Utara. Setiap harinya, setidaknya ada 500 wisatawan yang berkunjung ke pulau tanpa polusi kendaraan ini.

Di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor. Kendaraan yang digunakan adalah cidomo, dokar dan sepeda saja. Wisatawan yang datang juga berasal dari berbagai  daerah dan berbagai negara. Wisatawan merasa betah di pulau yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan ini.

Baca Juga: 10 Gili Paling Populer di Lombok, Wajib Masuk List! 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya