Comscore Tracker

TKW Asal Dompu yang Meninggal di Arab Saudi Akhirnya Dipulangkan 

Dipulangkan setelah 21 hari dilaporkan meninggal dunia

Dompu, IDN Times - Tenaga Kerja Wanita (TKW), Lilis Suryani asal Desa Bali Bunga Kecamatan Woja Kabupaten Dompu yang meninggal di Arab Saudi akhirnya dipulangkan ke Indonesia. Jasad Ibu Rumah Tangga (IRT) berusia 42 tahun ini dipulangkan ke tanah air setelah 21 hari dilaporkan meninggal dunia. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Dompu, Syamsul Ma'arif membenarkan pemulangan jasad Lilis Suryani ke tanah air. Jenazahnya diterbangkan menggunakan pesawat dari Arab Saudi pada Rabu (16/11/2022).

1. Tiba di Jakarta hari ini

TKW Asal Dompu yang Meninggal di Arab Saudi Akhirnya Dipulangkan Ilustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Jenazah Lilis Suryani, kata Syamsul tiba di bandara Jakarta pada 17 November (hari ini). Setelahnya kembali diterbangkan dari Jakarta menuju Bandara Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Estimasi waktu tiba di Indonesia pada tanggal 17 sekarang ini. Mungkin jenazahnya sudah tiba di Jakarta siang ini. Cuma ini kita belum tahu kepastian waktu dia diterbangkan dari Jakarta ke Lombok," jelas dia dikonfirmasi via ponsel, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Sempat Dirawat Intensif, TKW Asal Dompu Meninggal Dunia di Arab Saudi

2. Kerja sebagai pengasuh lansia

TKW Asal Dompu yang Meninggal di Arab Saudi Akhirnya Dipulangkan banyak penyakit yang gejalanya adalah kurang nafsu makan (pexels.com/Vlada Karpovich Vlada Karpovich)

Sebelumnya, Lilis Suryani mulai bekerja sebagai pengasuh lanjut usia (Lansia) di Arab Saudi sejak akhir tahun 2021 lalu. Dia memilih jadi TKW karena terdesak kebutuhan ekonomi rumah tangga.

Seiring bergulirnya waktu, pada April 2022, Ibu tiga orang anak ini menderita penyakit kronis. Hingga akhirnya dirawat intensif oleh majikan di RS Arab Saudi.

3. Belasan hari dirawat, lalu dilaporkan meninggal dunia

TKW Asal Dompu yang Meninggal di Arab Saudi Akhirnya Dipulangkan Ilustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Selama belasan hari dirawat di RS setempat, kondisi Lilis Suryani tak kunjung membaik. Kemudian akhirnya dia dilaporkan meninggal dunia pada 28 Oktober 2022 lalu. 

Informasi kematian almarhumah kali pertama diketahui oleh otoritas terkait di Arab Saudi. Lalu Kabar duka itu disampaikan ke Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Mataram dan Disnakertrans Dompu.

Saat ini, pihak keluarga tengah menunggu kedatangan jenazah Lilis Suryani. Setelah itu akan langsung dimakamkan di pemakaman umum setempat.

Baca Juga: TKW Asal Dompu Belum Dipulangkan Setelah 12 Hari Meninggal di Arab

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya