Saling Serang Pakai Sajam, 4 Warga Bima dan 1 Polisi Kena Panah

Tim gabungan berhasil mengamankan sejumlah warga dan Sajam

Kota Bima, IDN Times- Warga Lingkungan Soro VS Lingkungan Melayu di Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota Kota Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) terlibat bentrok, Minggu pagi dini hari (26/6/2022). Mereka mulai saling serang menggunakan Senjata Tajam (Sajam) berupa panah, busur hingga parang sekira pukul 03.00 Wita.

Dari Informasi yang dihimpun, empat orang warga dan satu orang polisi dari Polsek Asakota terkena anak panah saat kejadian. Mereka ada yang mengenai bagian perut, paha, hingga kepala. Sementara satu personel polisi terkena anak panah bagian perut dan dilakukan operasi di rumah sakit terdekat.

1. Bentrok berawal dari saling lempar pada Sabtu malam

Saling Serang Pakai Sajam, 4 Warga Bima dan 1 Polisi Kena PanahANTARA Lampung/Istimewa

Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra SIk yang ikut turun ke lokasi membenarkan peristiwa bentrokan warga di dua lingkungan tersebut. Peristiwa itu diakui mulai terjadi sejak Minggu pagi dini hari.

"Pemicu bentrok ini karena adanya saling lempar pada Sabtu (25/6/2022) malam," terang dia, Minggu malam (26/6/2022).

Sehingga berlanjut pada aksi serang, pada Minggu dini hari. Padahal, sebelumnya sudah dilakukan islah antara dua lingkungan tersebut, yang melibatkan tokoh pemuda, tokoh lingkungan, hingga jajaran pemerintahan. 

"Mungkin rata-rata adik-adik kita masih muda, jadi mudah terpengaruh ungkapnya. 

Baca Juga: Terlalu! Masih Remaja Tapi Sudah Jadi Spesialis Pencuri di Bima

2. Tim gabungan menggeledah rumah warga

Saling Serang Pakai Sajam, 4 Warga Bima dan 1 Polisi Kena PanahPetugas KPK geledah rumah seorang kontraktor, IDN Times / istimewa

Karena sudah dilakukan islah dan masih saja terlibat bentrok, Henry perintahkan tim gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri untuk melakukan tindakan tegas. Menjemput siapapun warga yang memiliki Sajam. 

"Jika ada yang mengintervensi, silahkan laporkan ke saya," tegas dia.

100 orang pasukan yang terdiri dari TNI dan Polri, dibagi dalam 4 tim yang disebar pada dua titik lingkungan yakni 2 tim di lingkungan Soro dan 2 tim di lingkungan Melayu. Mereka kemudian menggeledah rumah-rumah warga mulai pukul 20.00 Wita.

3. Puluhan anak panah, busur, parang hingga alat pengisap sabu diamankan

Saling Serang Pakai Sajam, 4 Warga Bima dan 1 Polisi Kena PanahJajaran Polsek Balikpapan Barat memperlihatkan barang bukti sajam yang digunakan preman untuk menakut-nakuti korbannya. IDN Times/Surya Aditya

Dari hasil penggeledahan tersebut, di dua rumah warga di lingkungan Soro, RT 04 tim menemukan puluhan anak panah, busur, parang dan berbagai jenis Sajam lainnya. Selain Sajam yang ditemukan, polisi juga mengamankan pemilik rumah. 

Lain hal di Lingkungan Melayu. Anggota tidak hanya menemukan panah, busur dan senjata tajam lain. Tapi mereka juga menemukan sabu-sabu dan bong alat hisap barang haram tersebut.

Belum diketahui pasti total warga yang diamankan. Namun dari hasil pantauan, sedikitnya baru 5 orang yang langsung diangkut ke Mako Polres Bima Kota bersama BB.

"Semua tindakan tegas kami sudah sesuai prosedural dan terukur," tandas Kapolres Bima Kota.

Baca Juga: Hidup Sebatang Kara, Seorang Kakek di Bima Tewas Terbakar di Rumahnya

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya