M Talbiah Taranggana, Siswa SMAN 1 Dompu Lolos Paskibraka Nasional

Wakil SMAN 1 Dompu lolos paskibraka setelah 13 tahun

Dompu, IDN Times - Muhammad Talbiah Taranggana, siswa SMAN 1 Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil masuk seleksi sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional tahun 2022. Ia berhasil menggeser saingannya dari 10 kota/kabupaten saat mengikuti seleksi di Kota Mataram pada pertengahan Mei lalu.

Pada seleksi itu, pelajar 16 tahun asal Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu ini tampil apik dan gagah. Dia akan menjadi perwakilan dari NTB untuk mengibarkan bendera di merah putih di Istana Presiden pada 17 Agustus mendatang. 

1. Tidak menyangka akan lolos seleksi

M Talbiah Taranggana, Siswa SMAN 1 Dompu Lolos Paskibraka NasionalMuhammad Talbiah Taranggana (dok/Abil)

Siswa yang akrab disapa Abil ini tidak menyangka bisa lolos seleksi sebagai Paskibraka nasional. Karena diakui tidak begitu berpengalaman di bidang tersebut.

"Alhamdulillah ternyata saya terpilih jadi Paskibraka nasional. Awalnya saya gak kepikiran bisa lolos. Apalagi proses seleksi cukup ketat," terang putra dari pasangan Joni Ardiansyah dan Yuri faradillah ini.

Prestasi gemilang ini bisa dia raih berkat dukungan semua pihak. Terutama doa kedua orang tua dan pembinaan yang dilakukan guru di sekolah.

"Sebagai persiapan, saya akan terus melakukan pelatihan sebelum diterbangkan ke Jakarta mengikuti karantina pasukan," ungkap pengurus OSIS ini.

Baca Juga: Anak di Bima ini Temukan Ayahnya yang Hilang dalam Keadaan Meninggal 

2. Sederhana dan disiplin

M Talbiah Taranggana, Siswa SMAN 1 Dompu Lolos Paskibraka Nasional(Ilustrasi anggota paskibraka) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Keberhasilan Abil melanggeng ke tingkat nasional ini tentu diapresiasi semua pihak. Tak terkecuali datang dari guru di SMAN 1 Dompu. Bagi guru setempat, tidak begitu heran peserta didiknya itu bisa lolos seleksi Paskibraka nasional, karena dia merupakan siswa paling disiplin.

"Dia rajin, ramah dan disiplin. Bahkan saking disiplinya Abil selalu hadir lebih awal di sekolah. Kami dari kemarin sudah optimis dia bakal lolos," jelas Anisa, guru pembina OSIS SMAN 1 Dompu.

Atas prestasi yang diraih siswanya tersebut, pihak sekolah mengaku bangga. Karena Abil bisa mengharumkan nama SMAN 1 Dompu di tingkat nasional di bidang Paskibraka, setelah rentang waktu 13 tahun lamanya.

"Terakhir kami antarkan siswa jadi Paskibraka 13 tahun silam. Alhamdulillah, ini yang ke empat kali SMAN 1 Dompu masuk Paskibraka nasional," bebernya.

3. Akan diberikan reward

M Talbiah Taranggana, Siswa SMAN 1 Dompu Lolos Paskibraka NasionalIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebagai bentuk apresiasi karena telah mengharumkan nama SMAN 1 Dompu di tingkat nasional, kedepan pihak sekolah akan memberikan reward terhadap Abil. Diharapkan langkah yang akan dilakukan itu bisa memacu semangat peserta didik lain agar terus mengembangkan potensi menjadi Paskibraka.

"Sudah pasti akan kami berikan penghargaan. Jangankan yang prestasi nasional, yang lokal saja tetap kami berikan," akunya.

Baca Juga: Marsinah, TKI Asal Bima Sudah 5 Tahun Hilang Kontak dengan Keluarga

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya