Dicari! TKW di Arab Saudi Asal Bima Hilang Kontak Selama 13 Tahun

Keluarga berharap pulang dalam kondisi selamat

Bima, IDN Times - Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Rahma asal Desa Tarlawi Kecamatan Wawo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bekerja di Arab Saudi tak ada kabar berita. Hampir 13 tahun putri dari pasangan suami istri Mansur dan Hafifah ini hilang kontak dengan keluarga.

Sekretaris Desa Tarlawi, Abdul Hamid yang dikonfirmasi membenarkan perempuan 32 tahun tersebut hilang kontak dengan keluarga. Saat ini mereka terus berdoa dan mencari, dengan harapan Rahma bisa pulang ke Tanah Air dalam keadaan selamat.

"Iya benar, nama TKW itu Rahma anak dari Mansur," jelas dia pada IDN Times,. Selasa (14/3/2023). 

1. Berangkat saat usia 20 tahun

Dicari! TKW di Arab Saudi Asal Bima Hilang Kontak Selama 13 TahunIlustrasi para TKI (Dok Humas Bandara Ahmad Yani)

Abdul Hamid mengaku tidak mengetahui banyak perjalanan Rahma hingga bisa bekerja di Arab Saudi. Namun ia memastikan, bahwa Rahma berangkat mencari nafkah dari kampung halaman ke Arab Saudi sejak berusia sekitar 20-an tahun.

"Dari keterangan keluarganya, Rahma berangkat ke luar negeri dalam kondisi belum menikah," terangnya

Baca Juga: Puluhan Guru di Bima Dibatalkan Jadi PPPK oleh Kemendikbud

2. Keluarga terus mencari, berharap pulang dalam kondisi selamat

Dicari! TKW di Arab Saudi Asal Bima Hilang Kontak Selama 13 Tahunilustrasi(unsplash.com/Agence Olloweb)

Meski hingga saat ini tidak ada indikasi keberadaan Rahma, keluarga masih terus mencari perempuan muda itu. Mereka berharap dia baik-baik saja dan dapat segera pulang ke Bima dalam keadaan selamat.

"Keberadaannya masih dicari oleh keluarga. Bagi siapapun yang menemukannya, diharapkan bisa membawa pulang ke Bima," kata Sekdes mengutip harapan keluarga Rahma.

Namun ketika disinggung langkah apa saja yang dilakukan untuk pencarian Rahma, Sekdes tidak mengetahui banyak. Dalam waktu dekat, keluarganya akan diarahkan mengadu ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima.

"Belum ke Disnakertrans, nanti kami kasi tahu untuk mengadu ke sana," bebernya.

3. Tidak ada dalam catatan pengiriman TKW

Dicari! TKW di Arab Saudi Asal Bima Hilang Kontak Selama 13 Tahunilustrasi dokumen-dokumen kertas (pexels.com/pixabay)

Sementara itu, dalam catatan Disnakertrans Kabupaten Bima tidak ditemukan TKW bernama Rahma yang berangkat ke luar negeri. Dia sebelumnya diduga berangkat dari Indonesia ke Arab Saudi sebagai TKW ilegal.

"Dalam catatan kami gak ada nama dia. Mungkin dulu si Rahma ini berangkat ilegal," duga Kepala Bidang Binapenta Disnakertrans Kabupaten Bima, Ruvaidah.

Agar bisa melacak keberadaan Rahma, keluarga disarankan mendatangi Kantor Disnakertrans. Selain KTP,  juga harus membawa dokumen seperti bukti visa keberangkatan, nama perusahaan pengirim hingga alamat majikan tempat Rahma pertama kali bekerja di Arab Saudi.

"Tanpa dukungan dokumen itu, kita gak bisa apa-apa untuk mencari keberadaanya," tandas dia.

Baca Juga: Ayah di Bima Perkosa Anak Tiri Sejak SD hingga SMP

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya