[BREAKING] Rob di Bandara SMS Bima Makin Tinggi, Penerbangan Ditunda

Banjir rob kembali terjang bandara di hari kedua

Bima,IDN Times- Banjir Rob kembali merendam area terminal dan sisi udara landasan pacu Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima, Selasa (14/6/2022) sekitar pukul 11.00 Wita. Hingga berita ini diterbitkan, banjir air laut itu masih menggenangi area setempat. Ketinggian air bahkan sampai lutut orang dewasa.

Berbeda pada saat kejadian Senin (13/6/2022) kemarin. Lalu lintas penerbangan sama sekali tidak terganggu, kendati antar jemput penumpang ke kapal dan terminal harus menggunakan bus bandara. Namun hari ini penerbangan terpaksa harus ditunda sampai air benar-benar surut.

1. Banjir rob semakin tinggi, penerbangan ditunda

[BREAKING] Rob di Bandara SMS Bima Makin Tinggi, Penerbangan DitundaBanjir rob merendam area lintasan pesawat di bandara SMS Bima. (Juliadin/IDN Times)

Banjir rob kali ini diakui lebih tinggi daripada hari kemarin. Sehingga untuk jadwal penerbangan dengan rute Bima-makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) hari ini, terpaksa delay atau ditunda. Penundaan penerbangan itu mulai ditetapkan pada pukul 11.00 Wita.

"Dari pagi pagi tadi sampai sekitar jam 10.00 Wita penerbangannya normal. Karena area pacu penerbangan belum direndam banjir rob," jelas Kepala Bandara SMS Bima, I Kadek Sastrawan saat ditemui IDN Times, Selasa (14/6/2022).

2. Jadwal penerbangan tergantung banjir rob surut

[BREAKING] Rob di Bandara SMS Bima Makin Tinggi, Penerbangan DitundaIlustrasi kalender mengingat hari-hari penting (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Bandara SMS Bima yang akrab disapa Kadek ini belum bisa memastikan jadwal penerbangan pada jam-jam berikutnya. Menurut dia, tergantung dari cepat atau tidaknya banjir rob surut dari permukaan bandara setempat.

"Misalnya banjir rob surut pukul 14.00 wita, penerbangan akan dijadwalkan setelah pukul 14.00 wita. Tapi kita kembali ke kapten pesawatnya, berani apa tidak," jelasnya.

Selain itu, ia mengaku 10 tahun terakhir, baru pertama kali bandara SMS Bima direndam banjir rob. Sampai harus dilakukan penundaan penerbangan seperti kebijakan saat ini.

Baca Juga: Hafiz Asal NTB Berangkat Ikuti MTQ Internasional di AS

3. Akan dikaji solusi jangka panjang

[BREAKING] Rob di Bandara SMS Bima Makin Tinggi, Penerbangan DitundaFoto Kadek Sastrawan kepala Bandara SMS Bima. (Juliadin/IDN Times)

Setelah beberapa hari terakhir direndam banjir rob, Kadek mengaku fenomena alam tersebut sebagai bahan referensi pihaknya. Paling tidak menentukan langkah penanganan yang akan dilakukan kedepan, supaya tidak lagi mengganggu aktivitas penerbangan.

"Sudah kita kaji bagaimana langkah yang akan dilakukan nanti," tandas Kadek.

4. Bahan tontonan pengunjun

[BREAKING] Rob di Bandara SMS Bima Makin Tinggi, Penerbangan DitundaFoto pengunjung saat menonton banjir rob merendam area setempat.(Juliadin/IDN Times)

Karena rob baru pertama kali muncul di areal bandara, puluhan pengunjung tiba-tiba dibuat heboh. Mereka terlihat berdiri berjejer di pagar bandara, menonton hingga mengabadikan moment itu di handphone mereka masing-masing.

"Saya datang antar keluarga yang mau keluar daerah. Ketika saya lihat ada banjir, saya langsung turun foto. Karena kejadian ini baru pertama kali," jelas Nursanti, warga dari Kecamatan Woha ini. 

Baca Juga: Banjir Rob Rendam Bandara SMS Bima, Penumpang ke Pesawat Pakai Bus

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya