4 Peserta Ujian PPPK di Kota Bima Absen, Ada yang Ketinggalan Pesawat

339 peserta akan rebut 51 formasi tenaga kesehatan di Bima

Kota Bima, IDN Times - Empat orang peserta ujian kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tidak hadir. Tenaga kesehatan yang tidak hadir sejak dua hari dilangsungkan ujian di SMPN 1 Kota Bima ini langsung dinyatakan gugur. Dua di antaranya mengaku ketinggalan pesawat.

Kepala BKPSDM Kota Bima, Abdul Wahid mengatakan, dari empat orang peserta tersebut memiliki alasan yang berbeda sehingga tidak ikut seleksi. Dua orang absen karena berada di luar kota, sementara dua peserta lain tidak bisa dihubungi.

1. Jelang pelaksanaan seleksi sudah disampaikan jadwal

4 Peserta Ujian PPPK di Kota Bima Absen, Ada yang Ketinggalan PesawatFoto Kepala BKPSDM Kota Bima, Abdul Wahid (IDN Times/Juliadin)

Abdul Wahid mengaku heran dengan sikap empat calon peserta tersebut, sehingga mengabaikan kesempatan ikut seleksi. Padahal, jauh sebelumnya pihak panitia sudah melayangkan jadwal pelaksanaan ujian.

"Beberapa hari sebelum ujian, kami sudah kirim jadwal. Mereka aja yang gak mau hadir ikut seleksi," jelas dia ditemui saat memantau pelaksanaan ujian PPPK di SMPN 1 Kota Bima, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: 4 Tahun Ditinggal Istri, Pria di Bima ini Frustasi hingga Bunuh Diri 

2. Langsung dinyatakan gugur

4 Peserta Ujian PPPK di Kota Bima Absen, Ada yang Ketinggalan PesawatIlustrasi seleksi PPPK (IDN Times/Musthofa Aldo)

Terhadap empat orang peserta yang absen tersebut, kata Abdul Wahid, mereka langsung dinyatakan gugur. Tidak lagi diberikan kesempatan serupa, seperti mengikuti ujian kompetensi susulan.

"Sudah gak ada ujian susulan bagi peserta yang tidak hadir. Mereka langsung dinyatakan gugur oleh sistem," terangnya.

Dari informasi panitia, untuk dua orang peserta yang tidak hadir, sedang berada di luar kota. Mereka sempat ingin ikuti seleksi, namun ketinggalan pesawat. Sementara dua orang lain tidak ada kabar, setelah dihubungi berulang kali oleh panitia.

"Yang tidak hadir hari pertama sebanyak 3 orang, sedangkan hari kedua (hari ini) hanya satu orang," terang mantan Sekwan DPRD Kota Bima ini.

3. 399 peserta rebut 51 formasi

4 Peserta Ujian PPPK di Kota Bima Absen, Ada yang Ketinggalan PesawatIlustrasi perawat ICU RSPP Modular Simprug, Novi Citra Lenggana (Dok. Humas RSPP)

Abdul Wahid mengatakan, ujian kompetensi PPPK Nakes ini akan berakhir pada Sabtu besok, (9/12/2022). Ia berharap, pada seleksi selanjutnya dapat dihadiri oleh semua peserta setiap sesi ujian yang dilangsungkan.

"Terakhir ujian PPPK besok, semoga besok perserta ujian kita hadir semua," harapnya.

Dengan absennya empat orang peserta saat ini, sehingga total yang mengikuti seleksi sampai hari kedua sebanyak 339 orang. Mereka memperebutkan sedikitnya, 51 formasi Nakes yakni bidan, perawat dan dokter.

"51 peserta yang lolos nanti akan ditempatkan di RSUD dan Puskesmas," tandasnya.

Baca Juga: Stok Melimpah, Bulog Bima akan Kirim Dua Ribu Ton Beras ke Bengkulu

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya