Wow! Ternyata ini Arsitek yang Mendesain Sirkuit Pertamina Mandalika

Arsitek khusus fasilitas olahraga

Lombok Tengah, IDN Times - Sebagian besar rakyat Indonesia saat ini masih mengagumi keindahan serta kemegahan dari Sirkuit Pertamina Mandalika yang ada di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun demikian tidak banyak yang tahu siapa dan perusahaan mana sebenarnya arsitek Sirkuit Pertamina Mandalika yang akan menjadi lokasi balap MotoGP tahun 2022.

Tidak hanya menampilkan sisi trek pertandingan yang menarik dan menakjubkan saja, namun perencanaan teknologi serta sisi keamanan juga banyak menjadi bahan pertimbangan dari arsitek. Bagi yang belum tahu siapa arsitek di balik terwujudnya Mandalika, berikut ini informasi lebih lanjut.

1. Arsitek kelas dunia

Wow! Ternyata ini Arsitek yang Mendesain Sirkuit Pertamina MandalikaSejumlah pekerja melakukan tes kedalaman tekstur aspal lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Untuk berhasil membangun sirkuit kebanggaan bangsa Indonesia ini rupanya diputuskan untuk menggandeng arsitek kelas dunia yang berpengalaman. Arsitek tersebut merupakan salah satu yang terbiasa mendesain sarana olahraga kelas dunia, contohnya Stadion Wembley.

Maka dari itu tidak heran jika hasil akhir sirkut ini tampak menarik dan tidak kalah dengan sirkuit internasional lainnya. Karena dalam membangun Mandalika, Indonesia mempercayakan pada jasa arsitek dari Inggris yang bernama Populous.

Bagi yang tidak berkecimpung di dunia arsitek mungkin masih belum familiar dengan nama Populous. Apalagi memang ini merupakan arsitek yang berasal dari luar Indonesia dan merupakan ahli dari pembangunan sarana olahraga saja.

Populous sendiri merupakan perusahaan arsitek besar dengan pengalaman lebih dari 30 tahun yang sudah memiliki nama besar di kalangan jasa arsitek khusus prasarana olahraga kelas dunia. Tercatat ada banyak stadion hingga sarana olah raga terkenal dunia di berbagai negara yang telah menggunakan jasa dari perusahaan arsitek di London tersebut.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022

2. Bekerja dengan kontraktor ternama

Wow! Ternyata ini Arsitek yang Mendesain Sirkuit Pertamina MandalikaANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Tidak hanya didukung oleh jasa arsitek kenamaan, namun dalam membangun sirkuit itu sendiri juga dilakukan kerja sama dengan kontraktor ternama Vinci Construction dari Perancis. Berkat kerjasama arsitek yang hebat serta pengembang kenamaan, tentu tidak heran jika Mandalika memiliki hasil akhir yang menawan.

Apalagi jasa konstruksi yang dipercaya memang telah memiliki portfolio yang sesuai. Sehingga pekerjaannya tidak hanya tepat waktu namun juga rapi dan maksimal.

3. Teknologi aspal sirkuit

Wow! Ternyata ini Arsitek yang Mendesain Sirkuit Pertamina MandalikaSeorang pekerja berada di tikungan ke 2 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Salah satu hal menarik jika mencermati terkait teknologi dan desain dari Sirkuit Pertamina Mandalika ini adalah teknologi yang digunakan untuk aspal trek utama tersebut. Karena rupanya aspal yang digunakan memakai teknologi Stone Mastic Asphalt yang kualitasnya terbaik di dunia.

Khusus untuk mewujudkan teknologi tersebut rupanya digunakan sistem metode perkuatan struktur lapisan aspal. Dan dalam mendukung terwujudnya teknologi ini digunakan juga material khusus berupa batu tau agregat kasar yang didatangkan dari Palu di Sulawesi Tengah.

Dengan perpaduan desain yang benar-benar menarik serta konstruksi yang kuat, maka hasil akhir sirkuit Mandalika dapat dilihat cukup mengesankan dan menakjubkan. Hal ini menambah deretan rasa bangga rakyat Indonesia berkat adanya sirkuit kelas dunia terbaru yang bisa dibanggakan.

Bukan hanya itu saja, namun desain areanya yang memiliki pemandangan alam sekitar yang indah juga menjadi nilai tambahan tersendiri. Tidak hanya menikmati ajang perlombaan bergengsi di sirkuit tersebut, namun pengunjung juga bisa menikmati indahnya objek wisata alam yang berada di seputar area sirkuit Mandalika ini.

Baca Juga: Warga Lombok Ramai Kunjungi Sirkuit Mandalika, Tak Sabar Nonton MotoGP

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya