TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MGPA: MotoGP Mandalika 2024 Dihadiri 120 Ribu Penonton 

MotoGP Mandalika 2024 diklaim berjalan sukses

Penonton memadati tribun grandstand premium A yang berada di depan paddock Sirkuit Mandalika pada balapan MotoGP seri Indonesia 2024, Minggu (29/9/2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lombok Tengah, IDN Times - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebut jumlah penonton MotoGP Mandalika 2024 menembus angka 120 ribu orang. Jumlah penonton sebanyak itu berdasarkan hitungan selama tiga hari yaitu 27 - 29 September 2024.

"Kesepakatan antara Dorna yang melakukan check in di lapangan kemudian data dari Loket yang ada di ITDC dan MGPA, totalnya 120 ribu penonton," kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria di Media Center Indonesia MotoGP Mandalika, Minggu (29/9/2024) petang.

1. Belum lakukan pemilahan data

Penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Priandhi menjelaskan pihaknya belum melakukan pemilahan untuk masing-masing kategori tiket jumlah penonton yang menyaksikan MotoGP Mandalika 2024. Baik jumlah penonton yang berada di tribun grandstand, festival, VIP Deluxe dan Premiere. Pihaknya akan memasukkan data tersebut ke dalam sistem pada malam ini.

"Namun artinya kalau 120 ribu penonton, ini total tiket tiket yang kami keluarkan 134 ribu tiket. Jadi ada beberapa tiket yang memang tidak terealisasi. Jumlah detailnya nanti akan kami berikan dalam bentuk press rilis perihal detail masing-masing zona," jelas Priandhi.

Baca Juga: Marquez Kecewa Penanganan Marshal saat Motornya Terbakar di Mandalika

2. Dasar penghitungan jumlah penonton

Penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Priandhi menambahkan dasar penghitungan jumlah penonton MotoGP Mandalika 2024. Pihaknya menghitung jumlah pembeli tiket, yang tiketnya discan ketika masuk ke Sirkuit Mandalika untuk menonton MotoGP 2024.

"Yang dihitung adalah pembeli tiket masuk, tiketnya diperiksa, discan, itu yang tercatat sejumlah 120 ribu itu," terangnya.

Meski jumlah penonton mencapai 120 ribu orang, namun Priandhi mengakui ada beberapa zona grandstand yang ditutup dan dialihkan ke lokasi lain supaya lebih padat.

Jumlah penonton MotoGP 2024 meningkat dibandingkan tahun lalu. Pada gelaran MotoGP Mandalika 2023, MGPA mencatat jumlah penonton sebanyak 102.929 orang. Sedangkan pada MotoGP Mandalika 2022 sebanyak 102.801 orang.

3. Parade pembalap MotoGP di Mataram kunci sukses

Hero Walk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu (29/9/2024). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Sementara, Chairman MotoGP Mandalika, Troy Warokka mengatakan pelaksanaan MotoGP Mandalika yang berlangsung 27 - 29 September 2024, berjalan dengan sukses. Pembalap yang mengalami kecelakaan ditangani dengan baik oleh tim medis.

Troy mengatakan pelaksanaan parade rider's MotoGP di Kota Mataram pada 25 September lalu menjadi kunci sukses gelaran MotoGP Mandalika 2024. "Yang menentukan sukses tidaknya event ini adalah rider spirit di Mataram. Itu adalah kunci buat kami," kata Troy.

Troy menyebut sekitar 25 ribu masyarakat menyaksikan Parade Rider's MotoGP di Kota Mataram. Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 berjalan baik. Apalagi, Presiden Joko Widodo alias Jokowi dapat menyaksikan langsung MotoGP Mandalika 2024.

Baca Juga: Marc Marquez Beberkan Sebab Dua Kali Jatuh di Sirkuit Mandalika

Berita Terkini Lainnya