Tega! Pemuda Sumbawa ini Siksa Kucing, Anusnya Dibakar Pakai Mercon

Kelompok penyayang binatang akan lapor polisi

Sumbawa, IDN Times – Seorang pria di Sumbawa menyebarkan video dugaan penganiayaan kepada seekor kucing. Video penyiksaan hewan itu ramai dibicarakan di media sosial.

Dalam video yang diunggah tersebut, kucing itu tampaknya dipasangkan sebuah petasan atau mercon di bagian anusnya. Aksi dugaan penganiayaan itu  pun mendapat respon keras dari pendiri Yayasan Sarana Metta Indonesia dan Animals Hope Shelter Christian Joshua Pale, Senin (18/4/2022).

1. Dua aku penyebar video

Tega! Pemuda Sumbawa ini Siksa Kucing, Anusnya Dibakar Pakai Merconpengunggah video dugaan penganiayaan kucing dilaporkan (dok.instagram.com/chistian_joshuapale)

Kepada IDN Times, Joshua mengaku akan melaporkan kejadian dugaan penganiayaan seekor kucing yang sempat viral di media sosial TikTok, Instagram serta Facebook tersebut.

Video penganiayaan kucing itu kata Joshua pertama kali diunggah oleh pemilik akun Facebook inisial YS yang merupakan warga Kabupaten Sumbawa, NTB.

“Ada dua akun yang akan kita laporkan,” kata Joshua, Senin (18/4/2022).

Menurut Joshua, dua akun akan dilaporkan ke polisi atas dugaan penganiayaan terhadap binatang ialah YS yang beralamat di Kecamatan Utan Sumbawa dan pemilik akun Kuyuss.

“Mereka ini tiba-tiba saja menghapus postingannya,” kata Joshua.

Baca Juga: Amazing! Rp166 Miliar Disiapkan untuk Bayar THR PNS Pusat di NTB

2. Dilaporkan besok di Polres Sumbawa

Tega! Pemuda Sumbawa ini Siksa Kucing, Anusnya Dibakar Pakai MerconIlustrasi Garis Polisi Antara/Oky Lukmansyah

Menurutnya, tim kuasa hukum Animals Hope Shelter kata Joshua akan melayankan surat laporan ke pihak kepolisian pada Selasa (9/4/2022) besok.

Landasan pelaporan ini, kata Joshua, karena dalam video yang diunggah itu, tampak anus si kucing tersebut ditusuk petasan lalu kemudian petasan itu dibakar oleh pelaku.

“Kucing ini kan takut. Pasti kena api itu sakit,” kata Joshua.

Dalam hasil percakapan bersama Joshua, YS mengaku mendapat video dugaan penganiayaan kucing menggunakan petasan itu dia dapat dari akun media sosial tiktok.

Ndak tau saya ambil dari tik tok,” kata YS kepada Joshua.

3. Kecam tindakan kekerasan hewan

Tega! Pemuda Sumbawa ini Siksa Kucing, Anusnya Dibakar Pakai MerconChristian Joshua Pale adalah pendiri Animals Hope Shelter (dok.pribadi/Christian Joshua Pale)

Joshua mengatakan, masyarakat bukan hanya diimbau untuk tidak melakukan kekerasan pada hewan, akan tetapi bisa ikut serta dalam melaporkan pelaku kasus kekerasan pada hewan yang terjadi di lingkungan sekitar.

“Sudah tidak zaman lagi pelaku kekerasan pada hewan memakai alasan tidak tahu adanya UU Perlindungan Hewan. Karena segala kekejaman yang dilakukan pada hewan harus ada konsekuensi hukum yang sama bila pelaku melakukan kekerasan pada manusia,” kata Joshua.

Dia juga berpesan kepada para pemilik hewan peliharaan juga mulai sekarang harus memahami tentang Animals Welfare dan 5 hak asasi dasar hewan peliharaan. Sehingga kasus penelantaran dan kekerasan bisa berkurang di Indonesia.

Baca Juga: Terungkap! ini Pengakuan Amak Sinta Usai Kasusnya Dihentikan Polda NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya