Tak Kunjung Ditemukan, Pencarian 3 ABK KM Cahaya Ilahi Dihentikan

Tiga ABK hilang, dua orang adalah pasangan suami istri.

Bima, IDN Times –  Sejak dinyatakan hilang pada Rabu (29/12/2021) lalu, Kantor SAR Mataram menghentikan pencarian terhadap tiga orang anak buah kapal (ABK) KM Cahaya Ilahi. Kapal yang mengangkut buah kelapa itu tenggelam di utara Pulau Sangiang.

Dari empat korban kapal yang tenggelam, 3 orang ABK dinyatakan hilang. Sementara satu orang ditemukan dalam keadaan selamat.

1. Pencarian dihentikan

Tak Kunjung Ditemukan, Pencarian  3 ABK KM Cahaya Ilahi DihentikanPencarian tiga ABK Kapal Cahaya Ilahi dihentikan/dok. SAR Mataram

Kepala Kantor Search and Rescue Mataram Nanang Sigit PH, mengatakan pencarian korban kapal KM Cahaya Ilahi dihentikan sejak hari ini, Kamis (29/12/2021).

“Pencarian ini dihentikan berdasarkan SOP (standar operasi prosedur) dan hasil evaluasi bersama dengan unsur yang terlibat,” ujar Nanang.

Kata Nanang, sebelum pencarian dihentikan, telah berlangsung pencarian selama sepekan. Tim melakukan pencarian sesuai dengan standar prosedur pencarian korban hilang.

Baca Juga: Kadikes: Korban Tidak Menjelaskan Riwayat Penyakitnya Sebelum Divaksin

2. Dibantu SAR Maumere dan Makassar

Tak Kunjung Ditemukan, Pencarian  3 ABK KM Cahaya Ilahi DihentikanProses pencarian tiga ABK Kapal Cahaya Ilahi/dok. SAR Mataram

Selama sepekan, pencarian tiga ABK Kapal Cahaya Ilahi dilakukan oleh pos SAR Bima, yang juga melibatkan Kantor SAR Maumere dan Makassar. Salain itu, pihak TNI, Polri, FTSB-TSBK Kota Bima, potensi SAR Bima, nelayan, warga setempat, dan lainnya juga turut melakukan pencarian korban kapal.

“Dari pesisir pantai hingga perairan utara Sangiang dan Kolo, Bima merupakan area yang telah dilakukan pencarian,” kata Nanang.  

Selain itu, SAR Mataram juga telah melakukan penyebaran informasi ke kapal-kapal dan nelayan yang melintas.

“Kami berharap bisa menemukan tanda-tanda keberadaan korban di kemudian hari,” katanya.

3. Kapal tenggelam saat bertolak ke Pelabuhan Darussalam

Tak Kunjung Ditemukan, Pencarian  3 ABK KM Cahaya Ilahi DihentikanProses pencarian tiga ABK Kapal Cahaya Ilahi yang tenggelam/dok. SAR Mataram

Nanang mengatakan bahwa SAR Matarm akan kembali melakukan pencarian jika ditemukan tanda-tanda. “Pencarian dan pertolongan bisa dibuka kembali,” tambahnya.

Sebelumnya, Mansyur (45) ABK Kapal Cahaya Ilahi yang selamat beralamat dari Dusun Guda Desa Darussalam menuturkan, kapal yang dinakhkodainya bertolak dari Sabaru, Sulawesi Selatan menuju Pelabuhan Darussalam, Bima.

Tige rekan Mansur pada Senin (20/12/2021) malam tenggelam. Pada Selasa pagi (21/12/2021) KM Cahaya Ilahi diterjang badai dan tenggelam sekitar 38 Nm utara Pulau Sangiang.

“Mereka menyelamatkan diri menggunakan sampan kecil (sekoci) dan rakit dari jerigen sebelum akhirnya terpisah,” kata Nanang.

Ketiga korban yang masih belum ditemukan atas nama Amin dari Dusun Daru Desa Darussalam. Sementara dua ABK lainnya atas nama Ju dan Bolo yang merupakan pasangan suami istri asal Sabaru.

Baca Juga: Viral! Seorang Pria Meninggal Usai Disuntik Vaksin COVID-19 di Bima

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya