Sebagian wilayah Lombok Berpotensi Hujan dan Angin Kencang

Warga diminta waspada

Lombok Tengah, IDN Times - Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Prakirawan Praya Lombok Tengah memprediksi sebagian wilayah di Nusa Tenggara Barat khusus di pulau Lombok berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang, Minggu (14/11/2021).

Dari hasil analisa Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Prakirawan Praya Lombok hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang terjadi di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu.

1. Waspada gelombang pasang

Sebagian wilayah Lombok Berpotensi Hujan dan Angin KencangUnspalsh/Tim Marshall

Kepala Stasiun Meteorologi Zam Prakirawan Praya Lombok Tengah Wulan Wandarana menjelaskan hujan disertai angin kencang diprediksi terjadi pada pagi hingga malam hari.

Selain itu, warga yang bermukim di wilayah pesisir pantai untuk waspada adanya tinggi gelombang yang mencapai 2 meter.

"Gelombang pasang prediksi terjadi di Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagian selatan, dan Samudera Hindia selatan NTB," ujarnya.

Baca Juga: Sirkuit Pertamina Mandalika Diprediksi Diguyur Hujan saat Event IATC

2. Nelayan diminta waspada

Sebagian wilayah Lombok Berpotensi Hujan dan Angin KencangIlustrasi nelayan (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Perlu diperhatikan, kata Wulan, risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Untuk perahu nelayan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter.

Untuk Kapal Tongkang maksimal kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter. Sedangkan untuk Kapal Ferry maksimal kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter.

Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo dan Kapal Pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot tinggi gelombang di atas 4.0 meter. 

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu hati-hati," kata Wulan.

3. NTB dilalui siklonik

Sebagian wilayah Lombok Berpotensi Hujan dan Angin KencangBibit Siklon Tropis 99S (Dok. BMKG)

Berdasarkan analisis data kondisi fisis dinamika atmosfer. Terpantau adanya daerah siklonik di Laut China Selatan Barat dan Perairan timur Filipina yang berdekatan dengan perairan utara Sulawesi.

Pertemuan massa udara (konvergensi) terpantau di Lampung, Sulawesi Tenggara, Samudera Hindia bagian selatan memanjang hingga NTT, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. Belokan angin terpantau di Sumatera Utara, Barat, dan Selatan, Kalimantan Barat, Pulau Jawa, Bali, dan NTB. 

Untuk suhu permukaan laut di wilayah perairan NTB dan sekitarnya berkisar antara 29.0 celcius hingga 31.0 celcius dengan anomali 0.0 — 2.5 celcius.

"Angin permukaan di wilayah NTB bertiup dengan variasi arah dominan dari Tenggara Barat Laut, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 30 km/jam," kata Wulan. 

Khusus di wilayah Lombok Tengah daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, sejak pukul 12:00 WITA, terjadi mendung. Hingga pukul 15:30 WITA terpantau awan kian tebal dari bagian utara dan timur.

Baca Juga: SAR dan Tenaga Kesehatan Siap Kawal Keselamatan Pembalap IATC dan WSBK

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya