Patung Jokowi Naik Kawasaki Seberat 3 Ton Akan Dipajang di Mandalika

Dibuat dari kuningan dan tembaga di Kota Bandung

Lombok Tengah, IDN Times – Patung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat naik motor custom akan dipajang tepat di depan Sirkuit Mandalika. Patung sebarat tiga ton itu dibuat oleh seniman ternama asal Pulau Bali I Nyoman Nuarta.

“Patung orang nomor satu di tanah air ini bisa dilihat dunia saat gelaran MotoGP Mandalika 2022 nanti,” ujar Djuki Ridwan, Juru Bicara I Nyoman Nuarta melalui sambungan telepon, Minggu (20/2/2022).

1. Dibuat dari kuningan dan tembaga

Patung Jokowi Naik Kawasaki Seberat 3 Ton Akan Dipajang di MandalikaDiangkut lewat jalur darat dari Bandung ke Lombok/dok. Djuki Ridwan

Djudi menerangkan, patung Jokowi naik motor ini diketahui terbuat dari tembaga kuningan yang dilapisi stainless sebagai rangkanya. Patung ini, ujar Djuki, memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan panjang 6 meter.

“Jadi proses pembuatannya itu selama tiga minggu-an sampai sebulan, langsung dibawa ke Lombok kemarin pada hari Jumat,” katanya.

Baca Juga: 12 Bidang Lahan di Area Sirkuit Mandalika Masih Bersengketa

2. Dibuat di Bandung

Patung Jokowi Naik Kawasaki Seberat 3 Ton Akan Dipajang di MandalikaPatung Jokowi dibuat dari Kuningan dan Tembaga/dok. Djuki Ridwan

Proses pembuatan patung Jokowi ini, kata Djuki, didesain langsung oleh Nuartha di NuArt Sculpture Park, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Usai dikemas, patung itu dibawa ke Lombok melalui jalur darat menggunakan Doli.

Diperkirakan patung Jokowi itu akan sampai ke Lombok pada tanggal 23 Februari 2022 nanti. “Sesuai jadwal akan tiba di Lombok tanggal 23 Februari di depan Sirkuit Mandalika,” katanya.

Menurutnya, patung Jokowi saat menggunakan sepeda motor itu merupakan motor jenis Kawasaki W175 custom karya Katros Garage. Sepeda motor itu pun pernah dikendarai presiden di Sirkuit Mandalika saat meresmikan Sirkuit Mandalika Jumat 12 November 2021 lalu.

3. Bekerja sama dengan PT PP

Patung Jokowi Naik Kawasaki Seberat 3 Ton Akan Dipajang di MandalikaProses pembuatan Patung Jokowi/dok/ Djuki Ridwan

Nuartha kata Djuki sengaja membuat patung Jokowi dengan menunggangi Kawasaki jenis W175 custom itu bekerja sama dengan PT PP.

“Untuk biaya kurang tahu. Itu dengan PP kan,” ujarnya.

Rencananya, patung Jokowi ini akan dibuatkan tempat dudukan di depan pintu Masuk Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus Lombok Tengah.

“Kemarin dudukannya sedang dicor. Sesuai janji kita akan pasang tanggal 25 Februari,” katanya.

Diketahui motor milik Jokowi itu menggunakan Shinko E270 5.00-16. Katros Garage juga akan menggunakan beberapa produk aftermarket pada lampu sein, lampu stop dan spion.

Sementara tangkinya merupakan buatan Katros Garage dengan plat galvansi setebal 1,2 mm. Sepatbor bagian depan dan belakangnya juga dibuat oleh Katros Garage dengan bahan yang sama.

Baca Juga: 1.308 Peserta Ikuti L’Etape Indonesia Tour de France di Mandalika 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya