Keren! Bangunan Podium Rider MotoGP Berhadapan Dengan Tribun Penonton

Podium rider tahap finishing, dikerjakan 20 jam sehari

Lombok Tengah, IDN Times - Proses pembangunan podium khusus rider MotoGP yang finish posisi 1, 2 dan 3 di lintasan Sirkuit Mandalika memasuki tahap finishing. Tata letak podium rider MotoGP ini berada di antara race control building dan pit building Sirkuit Mandalika. 

"Masih dalam proses finishing, ya," ujar Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association Samsul Purba kepada IDN Times, Senin (7/3/2022). 

1. Miliki lebar hanya 10 meter

Keren! Bangunan Podium Rider MotoGP Berhadapan Dengan Tribun PenontonLokasi podium rider MotoGP di Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Menurut Purba, lebar podium penyerahan piala bagi rider yang menjuarai MotoGP pada seri kedua di Sirkuit Mandalika tanggal 21 Maret 2022 mendatang hanya memiliki lebar 10 meter. Bangunan podium itu terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dua kamar khusus bagi rider yang memenangkan balapan.

"Letaknya itu di antara race control. Ada dua kamar untuk mereka istirahat di holding room. Kita juga akan pasangkan tangga untuk naik ke atas podium nanti," ujar Purba.

Baca Juga: Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times Diselenggarakan di Gili

2. Penonton bisa saksikan penyerahan piala

Keren! Bangunan Podium Rider MotoGP Berhadapan Dengan Tribun PenontonProses pembangunan Podium MotoGP Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Letak podium yang berada di depan garis start ujar Purba akan menguntungkan bagi penonton yang duduk di tribun standar granstand khusus yang duduk di zona A. Dari depan tribun itu, penonton akan melihat langsung penyerahan piala bagi rider yang berhasil naik podium di Sirkuit Mandalika Maret mendatang.

"Nanti juga penonton bisa melihat rider yang menang. Ini tambah seru di situ," kata Purba. 

Purba mengatakan pembangunan podium di Sirkuit Mandalika masih proses pemasangan cantilever berbahan lantai dari vinyl.

"Nanti dari belakang bangunan podium, kita siapkan tropi. Jadi rider bisa slow dulu di holding room baru kemudian penyerahan tropi," kata Purba. 

3. Ditargetkan rampung tanggal 10 Maret

Keren! Bangunan Podium Rider MotoGP Berhadapan Dengan Tribun PenontonDirektur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba IDN Times/Ahmad Viqi

Menurut pekerja asal Kota Surabaya Anang (37) mengatakan proses pembangunan Podium baru mencapai 90 persen. Dia mengaku bekerja selama 20 jam untuk menyelesaikan proses finishing pembangunan podium rider MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Kita kerjakan bersama 10 orang. Jadi kerja dari jam 08:00 WITA pagi sampai pukul 03:00 WITA dini hari," ujar Anang.

Hingga saat ini, tahapan pembangunan podium mulai memasuki proses pengecatan. Jenis cat untuk bangunan podium akan didatangkan dari Pulau Bali. Sedangkan khusus lantai podium menggunakan calcium carbonat dengan lebar 10 meter 

"Setelah proses pemasangan cantilever selesai, kita usahakan cat ruangannya menggunakan cat Jotun Marine. InshaAllah tanggal 10 Maret nanti finis," pungkas Anang. 

Baca Juga: Selain dari Palu, Material Trek Sirkuit Mandalika Diambil di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya