Homologasi Lintasan Sirkuit Mandalika Dilakukan Sehari Jelang MotoGP

MGPA optimistis lintasan Sirkuit Mandalika lolos homologasi

Lombok Tengah, IDN Times - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria optimistis lintasan Sirkuit Mandalika lolos proses homologasi pihak Dorna Sport dan Federation International de Motorcyclism (FIM) jelang Event MotoGP tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 mendatang. 

Sesuai bocoran, Dorna Sport bersama FIM akan melakukan homologasi pada Rabu dan Kamis (17/3/2022) sehari jelang free practice MotoGP pada Jumat (18/3/2022). 

1. Lintasan Sirkuit Mandalika sudah siap 100 persen

Homologasi Lintasan Sirkuit Mandalika Dilakukan Sehari Jelang MotoGPKondisi lintasan Sirkuit Mandalika jelang MotoGP IDN Times/Ahmad Viqi

Usai melalui proses pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika sepanjang 1,25 kilometer, MGPA yakin akan melalui proses homologasi dengan mulus dari pihak Dorna Sport dan FIM.

"Dari segi lintasan kita siap tinggal menunggu. Kita fokus dibersihkan oleh petugas di lintasan," kata Priandhi.

Dia juga mengaku bahwa kondisi aspal Sirkuit Mandalika siap 100 persen untuk ajang balap MotoGP. Semua catatan-catatan dari Dorna Sports saat pra musim Februari lalu sudah ditangani dengan baik.

Baca Juga: Semua Motor Rider Moto2 dan MotoGP Tiba di Mandalika

2. Homologasi dilakukan hari Rabu dan Kamis mendatang

Homologasi Lintasan Sirkuit Mandalika Dilakukan Sehari Jelang MotoGPDirut Utama MGPA Priandhi Satria IDN Times/Ahmad Viqi

Dari hasil kesepakatan bersama pihak Dorna Sport dan FIM, keduanya akan melakukan proses pengecekan lintasan dua hari sebelum race free practice pada Jumat. 18 Maret 2022. 

"Homologasi kita lakukan dua hari. Dorna minta agar pada saat homologasi motor milik rider bisa mencoba lintasan Mandalika," kata Priandhi.

Hal itu dilakukan agar pihak Dorna dan FIM bisa mendapat masukan dari pembalap yang mencoba lintasan Sirkuit Mandalika.

"Jadi agar mereka bisa mengenali lintasan yang baru diaspal. Baru nanti akan keluar hasil homologasinya," ujar Priandhi. 

3. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan

Homologasi Lintasan Sirkuit Mandalika Dilakukan Sehari Jelang MotoGPKondisi kesiapan lintasan Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Saat ini kondisi trek utama sepanjang 4,3 kilometer Sirkuit Mandalika masih dalam tahap pembersihan dan pengecatan pada bagian-bagian tertentu. Setelah memalui proses yang panjang proses pengaspalan ulang menjadi pertaruhan Indonesia di ajang internasional. 

"Kita harus optimistis. Kita sudah berbuat yang terbaik. Satu satunya jalan, ialah lolos homologasi biar bisa berlanjut ke ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika," ujarnya. 

Priandhi juga mengaku tidak ada hal yang terlalu mengkhawatirkan selama proses homologasi Lintasan Sirkuit Mandalika nanti.

"Gak ada masalah, ini lagi pembersihan, pengecatan itu hanya masalah kecil aja," pungkasnya.

Baca Juga: 55 Kru Beserta Pembalap Moto3 dan Moto2 Tiba di Lombok 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya