Gubernur NTB Akui Banyak Bukit di Mandalika Jadi Milik Asing

Properti asing dinilai capai triliunan rupiah di Mandalika

Lombok Tengah, IDN Times – Keindahan Perbukitan di area Kawasan EkonomI Khusus (KEK) Sirkuit Mandalika lagi-lagi mendapat sorotan khusus. Terutama dari Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H Zulkieflimansyah. Dia bahkan mengakui bahwa bukit-bukit itu kini menjadi milik pihak asing.

Dia mengaku kawasan area perbukitan di area Sirkuit  Mandalika merupakan lokasi yang bersejarah bagi Provinsi Nusa Tenggara Barat. Karena telah sukses menggelar event MotoGP seri kedua pada tanggal 20 Maret 2022 lalu.

“Sebagai gubernur, menyaksikan sendiri dan sering ke Mandalika ini adalah salah satu sirkuit paling indah di dunia,” ujar Zul, pada video yang diunggah selepas acara pengukuhan Dewan Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI), di Mandalika Rabu (30/3/2022) kemarin.

1. Branding Sirkuit Mandalika meningkat

Gubernur NTB Akui Banyak Bukit di Mandalika Jadi Milik AsingEvent WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika/dok.wolrdsbk.com

Dia mengaku banyak kalangan masyarakat bahkan hingga tuan guru di NTB belum pernah menginjakkan kaki di Bukit Serenting. Bukit itu kini menjadi bukit 360 Sirkuit Mandalika.

Bahkan, lanjut Zul, banyak di antara tuan guru di NTB tidak tahu alamat dan jalan menuju ke Bukit 360 Sirkuit Mandalika.

“Ada rasa bangga. Di Internasional media, bahkan pada saat rapat dengan Menteri bersama presiden Joko Widodo mengatakan, country branding kita meningkat, dengan populernya Sirkuit Mandalika dengan ajang MotoGP kemarin,” kata Zul.

2. Zul akui bukit-bukit telah dijual ke tangan asing

Gubernur NTB Akui Banyak Bukit di Mandalika Jadi Milik AsingAngel wisatawan asal Jakarta kagum dengan Tikungan 10 Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Zul mengakui keindahan Sirkuit Mandalika dengan seluruh bukit yang mengitarinya itu terkadang membuat dirinya merasa sedih.

“Karena semua bukit-bukit itu ada pemiliknya. Dan pemiliknya itu bukan orang kita. Pemiliknya orang-orang yang berasal dari luar negeri,” lanjutnya.

Lebih parah lagi, kebanyakan pemilik bukit berasal dari kalangan orang-orang luar negeri. Meraka, ujar Zul, memiliki properti dan lahan-lahan yang begitu indah di area Sirkuit Mandalika yang menjadi event MotoGP.

3. Proyek triliunan akan dibangun asing

Gubernur NTB Akui Banyak Bukit di Mandalika Jadi Milik AsingGubenur NTB Dr H Zulkieflimansyah ingatkan kepala OPD siap sambut MotoGP di sirkuit MotoGP Mandalika Lombok/dok. Humas Pemprov NTB

Zul mengaku kebanyakan orang-orang yang memiliki beberapa properti di area Sirkuit Mandalika itu usianya jauh lebih muda dari dirinya yang baru beranjak 49 tahun. Bahkan pemiliknya itu ada yang di bawah 20 tahun.

“Tapi rata-rata lebih dari 30 tahun,” katanya.

Zul juga menjelaskan semua pemilik properti di area Sirkuit Mandalika itu tidak lagi memperbincangkan uang dengan nilai puluhan miliar tapi sudah ratusan miliar. Bahkan ada proyek bernilai triliunan rupiah.

Lebih menyakitkan lagi, lanjut Zul, orang-orang muda yang memiliki properti dan tanah di Mandalika itu bukan dengan menggunakan uang mereka sendiri, melainkan menggunakan instrumen pasar modal capital market.

“Menggunakan instrument pasar uang dalam sistem kapitalisme global,” tutur Zul.

Dia mengaku, khusus masyarakat NTB sendiri, jangankan memiliki ratusan miliar, memikirkan uang ratusan miliar itu saja tidak berani.

“Paling berhutang ke Bank NTB Syariah, paling tinggi Rp10 juta. Memikirkan punya properti ratusan miliar bahkan punya projek besar bernilai triliunan rupiah belum ada dalam benak kita,” katanya.

Namun pada intinya, Zul mengakui keberadaan Sirkuit Mandalika adalah sejarah baru bagi masyarakat NTB.

“Saya sering mengatakan perjalanan panjang harus berani dengan mengayunkan langkah pertama. Kita ingin menegaskan, bahwa kalau orang lain bisa mestinya benak kita, alam bawah sadar kita, diajak untuk merasa mampu memiliki properti bahkan memikirkan dengan besar mandalika Lombok NTB bahkan Indonesia di masa yang akan datang,” pungkas Zul.

Baca Juga: Bantuan Nelayan Lombok Diduga Diperjualbelikan,Truk Fuso Diamankan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya