Gempa M 4,1 Lombok Utara Disertai Hujan dan Petir Bikin Warga Panik

BMKG mengimbau warga untuk tetap tenang

Lombok Utara, IDN Times - Gempa bumi bermagnitudo 4,1 pada pukul 20.51WITA Jumat (11/12/2020) malam membuat sejumlah warga di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara panik. Bagaimana tidak, gempa terjadi saat hujan lebat disertai angin kencang di sebagian wilayah Kecamatan Bayan.

Hasil analisis Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika, episentrum gempa terletak pada koordinat 8.27 LS dan 116.53 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km Timur Laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 11 km.

1. Penyebab gempa di Lombok Timur

Gempa M 4,1 Lombok Utara Disertai Hujan dan Petir Bikin Warga PanikIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa yang berpusat di Lombok Utara tersebut dirasakan hingga wilayah Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, dan Kota Karangasem Provinsi Bali.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi mengatakan, jika memperhatikan pusat dan kedalaman hiposentrumnya, gempa kali ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Thrust).

3. Gampa tidak berpotensi tsunami

Gempa M 4,1 Lombok Utara Disertai Hujan dan Petir Bikin Warga PanikIlustrasi Berlindung Saat Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi geser atau oblique-thrust.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Timur skala III MMI, di Lombok Utara, Lombok Barat, dan Kota Karangasem-Bali skala II MMI," kata Ardhi.

Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 21.15 WITA jelas Ardhi belum ada gempa bumi susulan akibat adanya aktivitas sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Thrust). "Hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," katanya.

3. Warga Bayan Panik

Gempa M 4,1 Lombok Utara Disertai Hujan dan Petir Bikin Warga PanikEpisentrum gempa Lombok Utara berkekuatan M 4.1, Jumat (11/12/2020) Google Maps

Dari laporan salah satu ketua Remaja Desa Anyar Kecamatan Bayar Atriadi mengatakan, gempa bumi yang terjadi tepat pukul 20.51 WITA tadi sempat membuat warga panik.

Menurut Atriadi, gempa terjadi saat hujan lebat mengguyur sebagian wilayah Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

"Warga sempat panik. Takut juga kan. Karena sedang hujan lebat terus petir dan angin kencang," katanya, Jumat (11/12/2020) malam.

Kepala BMKG Mataram pun mengimbau, kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

Baca Juga: [Breaking] Bmkg: Gempa Bumi M 4.1 Di Kabupaten Lombok Utara

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya