KRI Banjarmasin-592 Angkut 142 Kendaraan Pengamanan KTT ASEAN di NTT

Membawa kendaraan dan sejumlah perlengkapan pengamanan

Labuan Bajo, IDN Times - KRI Banjarmasin-592 yang mengangkut 142 kendaraan untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN/ASEAN Summit tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Ada 142 unit kendaraan berbagai jenis, rata-rata Anoa, truk pendukung, motor kawal, komunikasi elektronik (komek), kendaraan angkut pasukan, dan pengamanan," kata Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo di Dermaga Marina Waterfront Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin (1/5/2023) malam.

1. Angkut personel dan material TNI AD

KRI Banjarmasin-592 Angkut 142 Kendaraan Pengamanan KTT ASEAN di NTTweb

Untuk mendukung pengamanan ASEAN Summit di Labuan Bajo, katanya, KRI Banjarmasin mengangkut personel dan material TNI Angkatan Darat dan satuan lain yang terlibat.

Kapal perang milik Indonesia ini bertolak dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (28/4). Kapal tersebut tiba di Labuan Bajo pada hari Senin, pukul 17.30 Wita.

Diberitakan Antara, tampak para personel TNI AD berbaris rapi turun dari kapal dan menaiki mobil yang telah disiapkan di Dermaga Marina Labuan Bajo.

Baca Juga: Menkes Pastikan Layanan Faskes RSUD Komodo Siap Sambut KTT ASEAN 

2. KRI Banjarmasin bertolak ke Jakarta

KRI Banjarmasin-592 Angkut 142 Kendaraan Pengamanan KTT ASEAN di NTTIlustrasi Kapal Perang Indonesia (KRI). ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Selain itu, kendaraan pengamanan ASEAN Summit turun satu per satu dari atas kapal dan berjejer di halaman luar pelabuhan. Setelah berlabuh di Labuan Bajo dan menurunkan semua personel dan kendaraan, KRI Banjarmasin 592 akan bertolak kembali ke Jakarta, Selasa (2/5/2023).

"Untuk angkut pasukan bukan hanya KRI Banjarmasin, tapi ada KRI lain yang secara simultan akan sandar di Labuan Bajo," ungkapnya.

3. KRI yang bersandar di Labuan Bajo

KRI Banjarmasin-592 Angkut 142 Kendaraan Pengamanan KTT ASEAN di NTTANTARA FOTO/Zabur Karuru

Selain KRI Banjarmasin 592, kapal yang mengangkut alat utama sistem persenjataan (alutsista) ke Labuan Bajo, yakni KRI Teluk Youtefa 522 dan KRI dr Soeharso 990.

Beberapa jenis alutsista yang diangkut di antaranya Kizi Jihandak, Nubika Zeni TNI AD, Sea Rider, Mobil Listrik PM, Motor Listrik Matan, Rantis Kopasgat, Mobil Inkas Koopsus TNI, dan Ransus CBRNE Sprinter.

Rangkaian KTT Ke-42 ASEAN akan berlangsung mulai tanggal 8 Mei sampai 11 Mei 2023.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Cek Kesiapan RS Komodo Jelang KTT ASEAN di NTT

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya