TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatasi Perasaan Kesepian, Tak Perlu Merasa Sendiri 

Bangun hubungan sosial yang bermakna

ilustrasi merasa kesepian (pexels.com/Liza Summer)

Kesepian adalah perasaan yang bisa dialami siapa saja, terlepas dari usia atau latar belakang. Meski sering kali dianggap sepele, kesepian dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik.

Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu dapat menemukan cara untuk merasa lebih terhubung, bahagia, dan puas dalam hidupmu.Berikut adalah lima tips efektif untuk membantu mengatasi perasaan kesepian.

1. Bangun hubungan sosial yang bermakna

Memiliki hubungan sosial yang mendalam dan bermakna sangat penting untuk mengurangi rasa kesepian. Cobalah untuk mempererat hubungan dengan teman-teman lama atau keluarga.

Berpartisipasi dalam komunitas atau kelompok yang memiliki minat sama juga bisa membantu. Misalnya, bergabung dengan klub buku, kelompok olahraga, atau komunitas hobi lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Gampang Mengurus Visa, Gak Pakai Ribet!

2. Manfaatkan teknologi untuk terhubung

Di era digital saat ini, teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk mengatasi kesepian. Gunakan media sosial, aplikasi perpesanan, atau video call untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang berarti dalam hidupmu.

Meskipun tidak bisa menggantikan interaksi tatap muka, teknologi tetap dapat membantumu merasa lebih terhubung dan didukung. Ingatlah untuk menggunakan teknologi dengan cara yang positif dan menjaga keseimbangan dengan aktivitas di dunia nyata.

3. Jadwalkan aktivitas yang membuatmu bahagia

Mengisi waktu dengan kegiatan yang kamu nikmati dapat mengalihkan perhatian dari perasaan kesepian. Temukan hobi baru atau lakukan aktivitas yang kamu sukai, seperti membaca, menulis, memasak, atau berkebun.

Beberapa aktivitas bisa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang lain. Mengajak teman atau keluarga untuk ikut serta dalam kegiatan yang kamu nikmati dapat meningkatkan hubungan sosial dan memberikan dukungan emosional.

4. Bantu orang lain

Menolong orang lain bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mengatasi kesepian. Kegiatan sukarela atau membantu orang di sekitarmu dapat memberikan rasa tujuan dan kepuasan.

Selain itu, dengan membantu orang lain, kamu juga dapat membangun hubungan baru dan memperluas jaringan sosialmu. Ingatlah bahwa dengan membantu orang lain, kamu juga membantu diri sendiri.

Verified Writer

Oktavia Isanur Maghfiroh

keep going!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya