TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Langkah Mudah untuk Merawat Kesehatan Mental Anda

Tidak hanya fisik, kesehatan mental juga perlu kamu jaga

Pinterest

Mataram, IDN Times - Kesehatan mental adalah kondisi di mana seseorang merasa sejahtera dan mampu menjalani kehidupan dengan baik. Menurut World Health Organization (WHO), seseorang dianggap sehat secara mental ketika ia dapat mengenali kemampuannya sendiri, mengatasi stres sehari-hari, bekerja secara produktif, dan berkontribusi pada komunitasnya.

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Kesehatan mental yang baik memungkinkan kita menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik, membangun hubungan yang sehat dengan orang lain, dan meningkatkan produktivitas dalam belajar atau bekerja.

Berikut adalah 9 cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental:

1. Menerima dan menghargai diri sendiri

Setiap orang memiliki keunikan dan perbedaan masing-masing, namun satu hal yang pasti adalah tidak ada individu yang sempurna. Penting bagi kita untuk mengenali dan menerima kelemahan yang dimiliki, sembari tetap fokus pada kelebihan yang ada dalam diri kita.

Mulailah bersikap realistis terhadap aspek-aspek diri yang ingin kamu ubah. Jika perubahan tersebut mungkin dilakukan, lakukanlah dengan perlahan dan bertahap. Ingatlah, perubahan tidak harus drastis; langkah kecil yang konsisten akan membawa hasil yang signifikan seiring waktu.

Dengan cara ini, kamu dapat berkembang menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri, tanpa kehilangan jati diri yang membuatmu unik.

2. Menjaga hubungan baik

Ketika menghadapi masalah atau tekanan hidup, kamu tidak perlu berjuang sendirian. Memiliki hubungan yang baik dengan keluarga dan teman dapat memberikan dukungan yang sangat berharga. Mereka tidak hanya bisa memberikan masukan yang berguna, tetapi juga membuatmu merasa diperhatikan dan didukung.

Untuk menjaga hubungan yang baik dengan orang-orang terdekatmu, luangkan waktu untuk berkomunikasi secara teratur. Mulailah dengan sering bertukar kabar melalui telepon, bertemu secara langsung, atau sekadar saling bercerita tentang kegiatan sehari-hari.

Dengan cara ini, kamu dapat memastikan bahwa hubungan tersebut tetap kuat dan saling mendukung, sehingga kamu tidak merasa sendirian saat menghadapi berbagai tantangan hidup.

3. Aktif berkegiatan

Instagram

Aktiflah bertemu dengan banyak orang dan tergabung dalam kegiatan baru di lingkungan kamu. Masuklah dalam komunitas, atur pertemuan dengan teman-teman, atau ikuti kursus yang dapat membantu kamu untuk merasa lebih baik. Ikut kegiatan yang bertujuan membantu orang lain yang juga dapat membuat kamu merasa dibutuhkan dan menjadi semakin berharga.

Hal ini dapat membuat kepercayaan diri semakin meningkat. Aktivitas yang seperti ini juga dapat membantu kamu melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda, dan kamu mampu melihat masalah dari sudut pandang yang lain.

Baca Juga: BP3MI Kawal Proses Hukum Pelaku Penembakan TKI NTB di Malaysia

4. Bercerita kepada orang lain

Belajarlah bercerita mengenai perasaan yang kamu rasakan. Bercerita mengenai apa yang kamu rasakan bukan menandakan bahwa kamu lemah, tetapi merupakan bagian dari usaha kamu untuk menjaga kesehatan mental kamu.

Manfaat bercerita dan didengarkan oleh orang adalah membuat kita merasa didukung dan tidak sendirian. Oleh karena itu, carilah orang yang bisa kamu ajak berbicara dengan santai, yang bisa kamu percaya.

5. Aktif bergerak

Temukan olahraga yang kamu sukai dan mulailah melakukan itu. Melatih badan dipercaya dapat mengeluarkan senyawa kimiawi di dalam otak yang membuat kamu merasa lebih baik. Oleh karena itu, olahraga dengan teratur dapat membuat kamu merasa lebih positif, membantu untuk lebih konsentrasi, meningkatkan kualitas tidur, serta membuat kamu merasa lebih baik dan terlihat lebih baik.

Bergerak tidak harus dengan olahraga, namun kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti berjalan di taman, berkebun, atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

6. Lakukan kegiatan yang dikuasai

Melakukan aktivitas yang kamu sukai dan minati dapat membantu mengatasi tekanan. Aktivitas yang disukai ini adalah aktivitas yang kamu kuasai dan yang dapat membantu kamu semakin percaya diri serta mengatasi emosi yang kamu rasakan.

Kamu bisa berkebun, memasak, melukis, bermain musik, atau berolahraga. Aktivitas itu merupakan contoh aktivitas yang dapat membantu dalam mengekspresikan diri.

Baca Juga: Didongkrak Tambang, Investasi di NTB Semester I 2024 Tembus Rp25,5 T

7. Istirahat

Jika terlalu banyak kegiatan ternyata membuat kamu tertekan, maka carilah waktu untuk istirahat dan bersantai, lalu mulailah mendengarkan tubuhmu sendiri. Jika tubuh sangat lelah, berikan waktu untuk tidur. Selain itu, lakukan kegiatan seperti mendengarkan musik, membaca, menonton film, atau mencoba kegiatan baru yang menyenangkan.

Kamu juga dapat melakukan pengaturan pernapasan, yoga, atau meditasi. Menggunakan waktu 10 menit untuk istirahat dalam satu hari yang sibuk akan membantu kamu mengatasi tekanan dengan lebih baik.

8. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Otak membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, seperti organ yang ada di dalam tubuh kita. Melakukan diet yang seimbang dapat membantu kesehatan mental kamu, karena dapat membantu cara berpikir dan cara kamu merasakan sesuatu.

Cobalah untuk mengkonsumsi 5 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari, serta minum air putih. Minimalisir mengkonsumsi minuman berkafein, berkadar gula tinggi, dan alkohol. Hindari makan, minum alkohol, merokok, dan menggunakan obat-obatan terlarang untuk menyelesaikan masalah atau mengatasi perasaan tidak menyenangkan yang kamu alami. Sebab hal seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah, justru sebaliknya akan menciptakan masalah baru.

Verified Writer

Hirpan Rosidi

Seorang laki-laki yang memiliki impian yaitu kelak disalah satu rak toko buku populer, di antara buku-buku dari penulis besar, terselip satu buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya