TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Mengurangi Stres

Yuk, terapkan mindfulness dalam keseharian kita

Ilustrasi seorang lelaki mindfulness (pexels.com/Kelvin Valerio)

Mataram, IDN Times - Secara harfiah, mindfulness berarti kesadaran penuh. Praktik mindfulness mengajarkan kita untuk menyadari apa yang sedang dilakukan saat ini, tanpa terpengaruh oleh hal-hal di luar kendali. Selain memberikan ketenangan pikiran, mindfulness juga bermanfaat untuk mengurangi stres, kecemasan berlebihan, serta membantu menikmati hidup lebih baik.

Kamu bisa melatih mindfulness dengan menghadirkan pikiran, hati, dan jiwa secara utuh dalam setiap momen. Berikut adalah 7 latihan sederhana yang dapat membantumu menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mindful Eating

Mindful eating adalah praktik menyadari sepenuhnya makanan yang sedang dimakan. Mulailah dengan memperhatikan tekstur, rasa, aroma, dan bahan-bahan yang terkandung dalam makananmu. Fokuslah pada setiap suapan, nikmati setiap kunyahan, dan rasakan pengalaman makan dengan penuh kesadaran.

Jika makan sambil melakukan aktivitas lain seperti menonton TV atau bekerja, kemungkinan besar kamu tidak akan fokus dan bahkan tidak merasa kenyang. Oleh karena itu, cobalah fokus ketika makan dan syukuri makanan yang ada di hadapanmu.

2. Mindful Day

Setiap hari kita memiliki berbagai rutinitas yang biasa dilakukan, tetapi apakah kamu benar-benar sadar ketika melakukannya? Cobalah untuk menerapkan mindfulness dalam aktivitas sehari-hari, yaitu dengan menyelesaikan satu tugas pada satu waktu tanpa terburu-buru atau multitasking.

Fokuslah pada satu kegiatan dalam jangka waktu tertentu. Kamu juga bisa membuat daftar kegiatan (to-do list) harian untuk membantu mengatur prioritas dan menghindari distraksi. Dengan demikian, hari-harimu akan lebih terstruktur dan produktif.

Baca Juga: Tim Menembak Putri NTB Raih Emas Kelima pada PON Aceh-Sumut 2024

3. Mindful shower

Mindful shower bukan sekadar mandi biasa, tetapi merupakan momen untuk menyadari setiap tarikan napas dan merasakan setiap momen selama mandi. Tidak perlu waktu lama, 5 hingga 10 menit sudah cukup jika kamu fokus dan disiplin.

Rasakan kesegaran air, nikmati aroma sabun, dan biarkan dirimu merasakan ketenangan. Kamu juga bisa mendengarkan suara rintik hujan atau gemericik air untuk mencapai relaksasi yang lebih mendalam. Suara air memiliki efek menenangkan yang bisa membuat pikiran lebih jernih.

4. Mindful walking

Mindful walking adalah berjalan dengan penuh kesadaran, baik di alam terbuka maupun di lingkungan sekitar. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, berjalan kaki dengan mindful juga dapat menenangkan pikiran.

Saat berjalan, perhatikan setiap langkahmu, rasakan embusan angin, hirup udara segar, dan nikmati pemandangan di sekitarmu. Aktivitas sederhana ini bisa membantu meningkatkan kesadaran diri dan rasa syukur atas apa yang kamu miliki.

5. Mindful hobbies

Saat menjalani hobi, cobalah untuk hadir sepenuhnya dalam aktivitas tersebut tanpa gangguan dari handphone atau media sosial. Fokuslah menikmati kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Dengan melibatkan dirimu sepenuhnya dalam hobi, kamu akan lebih cepat menyelesaikan tugas, lebih mudah mengatur emosi, dan bahkan dapat meningkatkan kreativitas. Mulailah dengan kegiatan yang sederhana sebagai latihan mindfulness dalam aktivitas favoritmu.

6. Mindful talking

Pernahkah kamu merasa lupa dengan apa yang sedang dibicarakan karena pikiranmu mengembara? Hal ini bisa terjadi jika kamu tidak fokus saat berbicara. Oleh karena itu, cobalah untuk mempraktikkan mindful talking.

Saat berbicara, usahakan fokus pada percakapan dan perhatikan lawan bicara. Hindari distraksi dari aktivitas lain agar kamu dapat memberikan respons yang relevan. Hal ini juga berlaku saat mendengarkan, sehingga percakapan dapat berjalan lebih efektif dan bermakna.

Verified Writer

sarah aisyah

Books, Poems, Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya