TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengelola Keuangan Keluarga dengan Baik, Punya Anggaran!

Selalu perhatikan budget dan pengeluaran

ilustrasi banyak uang (unsplash.com/bermixstudio)

Bima, IDN Times - Pengelolaan keuangan merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari yang erat kaitannya dengan stabilitas finansial keluarga. Mengelola keuangan dengan baik adalah kunci untuk mencapai keamanan dan kesejahteraan jangka panjang.

Tanpa pengelolaan yang tepat, keuangan keluarga bisa keluar dari jalur, menimbulkan masalah, stres, dan ketidakpastian di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk mengelola sumber pendapatan dan pengeluaran keluarga dengan bijak. Berikut ini adalah lima tips mengelola keuangan untuk memastikan keamanan finansial di masa depan:

1. Selalu buat anggaran untuk satu bulan penuh

Langkah pertama dalam mengelola keuangan keluarga adalah membuat anggaran bulanan yang rinci. Anggaran ini akan sangat membantu dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran serta memastikan tidak menghabiskan lebih dari yang dianggarkan. Mulailah dengan mencatat semua sumber pendapatan, termasuk gaji dan pendapatan tambahan lainnya.

Selanjutnya, catat semua pengeluaran, mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan, pendidikan anak, dan perumahan hingga biaya tambahan seperti hiburan. Dengan memiliki gambaran yang jelas tentang keuangan, Anda bisa membuat keputusan yang lebih bijak dan menghindari pengeluaran berlebih.

2. Utamakan untuk memiliki tabungan dan investasi

Meskipun pengeluaran Anda banyak, pastikan untuk memiliki tabungan dan investasi. Menyisihkan sebagian dari pendapatan setiap bulan untuk dana darurat dan investasi jangka panjang bisa memberikan perlindungan finansial dari turunnya nilai mata uang di kemudian hari.

Tabungan darurat penting untuk mengatasi situasi tak terduga seperti kehilangan pekerjaan atau biaya medis mendadak. Selain itu, investasi jangka panjang seperti reksa dana, saham, atau properti dapat membantu mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Pastikan untuk selalu menyisihkan minimal 10 persen dari pendapatan untuk hal ini.

Baca Juga: Dapat Dana Rp40 Miliar, NTB Berambisi Bawa Pulang 20 Emas PON 2024

3. Kurangi, bahkan hindari utang dengan bijak

Persoalan utang sering kali menjadi beban besar dalam keluarga. Prioritaskan pelunasan utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu, seperti kartu kredit atau pinjaman pribadi. Buat rencana pelunasan utang yang realistis dan patuhi jadwal pembayaran yang telah ditetapkan.

Hindari menambah utang baru kecuali sangat diperlukan dan pastikan untuk menggunakan kredit dengan bijak. Mengurangi utang akan membantu Anda menghemat uang dari bunga tinggi dan memberikan kenyamanan finansial yang lebih besar.

4. Rencanakan pengeluaran besar dengan lebih matang

Anda juga harus memikirkan pengeluaran besar dengan matang. Pengeluaran besar seperti membeli kendaraan, properti, atau merencanakan liburan perlu direncanakan agar tidak mengganggu kestabilan keuangan keluarga.

Buat rencana jangka panjang dan sisihkan dana secara bertahap untuk pengeluaran besar tersebut. Pertimbangkan semua aspek biaya, termasuk perawatan dan pemeliharaan yang mungkin diperlukan di masa depan. Dengan begitu, pengeluaran besar tidak akan merusak anggaran bulanan.

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya