TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Anak TK

Orang tua mengambil peranan penting!

ilustrasi membantu anak belajar (unsplash.com/Natasha Hall)

Motivasi adalah salah satu kunci utama dalam proses belajar anak, termasuk bagi anak usia TK. Dengan meningkatkan motivasi belajarnya, mereka dapat mengembangkan minat dan semangat belajar yang lebih tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, peran orang tua menjadi hal yang paling utama.

Lalu bagaimana cara yang paling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar anak? Berikut adalah 4 tips efektif untuk meningkatkan motivasi belajar anak TK yang bisa kamu terapkan. Yuk, lanjut baca sampai selesai!

Baca Juga: 12 Ucapan Plato yang Mengadung Sarkasme dan Satire

1. Ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan

ilustrasi anak sedang belajar dengan senang (unsplash.com/Tanaphong Toochinda)

Gak bisa dipungkiri bahwa anak TK lebih suka bermain daripada belajar. Nah, agar mereka mau belajar dengan semangat, kamu harus menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik pula. Buatlah ruang belajar yang cerah, nyaman, dan menarik dengan dekorasi yang sesuai dengan minat anak.

Kamu bisa membuat ruangan penuh dengan karakter kartun seperti Doraemon atau lainnya yang ia sukai. Gak ada salahnya juga untuk melengkapi ruang belajar dengan mainan edukatif, buku dongeng, dan peralatan seni. Hal tersebut berguna untuk mengeksplorasi minat anak.

2. Gunakan metode pembelajaran yang interaktif

ilustrasi anak belajar hal baru (unsplash.com/Paige Cody)

Anak-anak TK lebih suka belajar dengan berinteraksi secara langsung. Kamu bisa mengajaknya untuk melakukan beberapa aktivitas. Seperti melakukan eksperimen, menggambar, bermusik, menari dan lainnya. Melalui pengalaman-pengalaman langsung dan menyenangkan, anak-anak akan merasa lebih termotivasi untuk belajar.

3. Berikan pujian dan penghargaan

ilustrasi bangga dengan pencapaian anak (unsplash.com/Thiago Cerqueira)

Memberikan pujian yang tulus dan penghargaan kepada anak TK dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Kamu gak harus fokus pada hasil yang mereka dapatkan, tapi kamu juga perlu memberikan apresiasi atas kegigihannya dalam melakukan sebuah proses.

Pada saat mereka sedang terpuruk dan melakukan kesalahan, kamu gak boleh menghukumnya. Justru berikan dia semangat dan bimbing dia agar bisa lebih baik lagi.

Baca Juga: Pulau Terpadat di Dunia, ini 11 Fakta Kehidupan Pulau Bungin di NTB

Verified Writer

richpriant

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya