8.000 Warga Kota Iqaluit Hanya Mimun Air Kemasan, Kenapa?

Air keran terkontaminasi

Walikota Iqaluit, Kenny Bell  meminta agar Kota Iqaluit yang ada di wilayah teritori Nunavut, Kanada diperiksa instalasi pengolahan airnya setelah beberapa warga mengeluhkan bau air keran mereka. Akhirnya, sampel air dari setengah lusin daerah itu diambil. Klorin diperkirakan menjadi penyebab bau tersebut.

Tahun lalu, warga mencium bau gas yang kuat berasal dari tangki penampung bahan kimia untuk pengolahan air. Pemerintah Nunavut menyatakan Kota Iqaluit dalam keadaan darurat setelah menemukan bukti air bersih di kota terkontaminasi. Penduduk diimbau untuk tidak minum air keran. Air tetap tidak aman untuk diminum, meski disaring atau direbus. Sehingga mereka hanya disarankan untuk meminum air kemasan yang berasal dari luar Kota Iqaluit.

1. Kesulitan mendapatkan air bersih

Dilansir CBC, pengiriman pertama air minum telah dikirim 80.000 liter air dan dibagikan kepada sekitar 8.000 penduduk. Janet Pitsiulaaq Brewster, wakil walikota Iqaluit, Rabu 13/10/2021 mengatakan beberapa penduduk masih kesulitan mendapatkan air.

Akhirnya, Jane pitsulaaq mengunjungi rumah warga dan menggunakan media sosial agar penduduk mudah menghubunginya. Sementara itu, beberapa warga telah mengumpulkan air di sungai Sylvia Grinnell. Relawan mengirimkan air untuk tetangga, orang tua dan mereka yang tidak memiliki kendaraan dan kendi air. Tarif taksi yang  mahal dan kurangnya angkutan umum di kota juga menjadi kendala penduduk kota Iqaluit kesulitan mendapatkan air. Keadaan darurat berlaku pada 27/10/2021.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket MXGP Samota, Kelas Paddock Dijual Rp300 Ribu 

2. Infrastruktur air yang tua

8.000 Warga Kota Iqaluit Hanya Mimun Air Kemasan, Kenapa?vecteezy.com/pisit_tar676462

Dilansir dari Canadians, Kota Iqaluit memiliki jumlah populasi sekitar 8.000 penduduk. Mereka membayar tarif air tertinggi di Kanada. Namun, mereka mendapatkan layanan air yang kurang layak. Adanya pemotongan dana infrastruktur air beberapa dekade berdampak pada kota Iqaluit. 

Federasi kotamadya Kanada memperkirakan bahwa kotamadya membutuhkan lebih dari 50 miliar untuk meningkatkan infrastruktur air dan limbah. Sementara solusi palsu yang mempromosikan Kemitraan Publik Swasta (P3s), yang ditawarkan oleh Bank Infrastruktur harus ditolak. Menteri Layanan Masyarakat dan Jeannie Ehaloak mengatakan pemerintah harus menangani masalah air kota Iqaluit harus sangat serius.

3. Penyebabnya diteliti

8.000 Warga Kota Iqaluit Hanya Mimun Air Kemasan, Kenapa?Unsplash.com /Trust "Tru" Katsande

Dilansir ctvnews, kota Iqaluit telah mengisolasi tangki air yang terkontaminasi dan melakukan penyelidikan untuk mengetahui kontaminasi bisa masuk. Menurut Amy Elgersma, kepala petugas administrasi kota, kota Iqaluit tidak memiliki tempat lab pengujian. 

Sehingga, mereka pada 4/10/2021 yang telah mengirim sampel air di lab Kanada Selatan. Selain itu, dilakukan juga pengecekan di sekitar tanah instalasi pengolahan air. Kepala petugas kesehatan masyarakat Nunavut, Dr. Michael Patterson mengatakan apa pun penyebabnya, itu tidak terjadi secara alami.

MichaelPatterson menambahkan warga yang mengonsumsi air yang terkontaminasi mungkin mengalami sakit kepala, diare, dan sakit perut. Pengujian dan pemantauan akan berlanjut selama beberapa bulan ke depan. 

Baca Juga: Kabar Baik, 1.734 Sapi Terjangkit PMK di Lombok Sembuh 

Nurul Soraya Photo Community Writer Nurul Soraya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya