TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Memasak Kelaq Kelor Khas Lombok

Memasak dengan mudah dan bahan tidak sulit didapat

Cookpad.com/id/Lukita

Daun kelor merupakan makanan favorit untuk menemani makan Ayam Taliwang di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Cara memasaknya sangat mudah. Apalagi bahannya juga mudah didapatkan. Hampir di setiap pasar daun kelor dijumpai.

Berikut resep dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kelaq kelor khas Lombok.

Baca Juga: Resep Membuat Kue Nagasari Lombok yang Kenyal dan Nikmat

1. Apa itu Kelaq Kelor?

Pinterest

Kelaq kelor adalah masakan yang menggunakan daun kelor sebagai bahan utama dalam masakan sayur bening di beberapa desa di Lombok. Tidak banyak yang mengetahui bahwa kelor dapat dijadikan sebagai sayur bening yang segar dan sangat enak bagi warga di luar Lombok.

Sayuran daun kelor dapat ditemukan dengan mudah di seluruh Indonesia khususnya Lombok, sebab hampir setiap masyarakatnya membuat masakan sayur bening. Selain sayuran kelor bermanfaat untuk kesehatan juga mempunyai manfaat lain dalam hal medis.

Memang pada umumnya daun kelor dimanfaatkan untuk memandikan mayat. Selain itu juga digunakan dalam menyembuhkan hal yang berkaitan dengan hal ghaib, sehingga tidak jarang yang merasa aneh bahwa sayur kelor dapat di makan menjadi olahan.

Daun kelor mempunyai banyak manfaat yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui karena dapat dijadikan sebagai antioksidan serta pembersih toksin dalam tubuh. Bagi anak-anak, daun kelor bermanfaat baik untuk proses pertumbuhan dan masih banyak manfaat lain dengan daun kelor.

2. Resep kelaq kelor

Alodokter

Daun kelor memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan sayuran lainnya. Dalam pembuatan sayur bening tidak harus menggunakan bayam. Setiap orang bisa mencoba sayur lain untuk hidangan di rumah agar tidak membosankan, seperti halnya sayur daun kelor.

Inilah bahan yang digunakan untuk membuat sayur bening menggunakan sayuran daun kelor:

-Daun kelor 1 ikat
-Kacang panjang 5 batang
-Bawang putih sebanyak 2 siung
-Bawang merah sebanyak 4 siung
-Garam sebanyak 1 sendok teh
-Penyedap rasa secukupnya saja
-Air sebanyak 800 ml

Baca Juga: Resep Membuat Sate Bulayak Khas Lombok yang Menggugah Selera

Berita Terkini Lainnya