TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Memasak Kelaq Sebie Khas Lombok

Makanan khas lombok yang bisa dimasak di rumah

merahputih.com

Lombok Timur, IDN Times - Lombok merupakan salah satu pulau di Nusa Tenggara Barat yang dikenal memiliki pesona alam yang sangat memukau. Bukan hanya destinasi wisata, Lombok juga memiliki ragam kuliner. Salah satunya adalah Kelaq Sebie.

Kelaq Sebie tidak selalu ada di warung makan atau restoran. Biasanya Kelaq Sebie ditemukan pada warung makan khas Lombok di perkampungan. Berikut adalah cara untuk membuat Kelaq Sebie khas Lombok.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Sewa Motor di Lombok

1. Tentang kelaq sebie

Kelaq Batih Khas Lombok (https://dapursasak.com/)

Kelaq sabie adalah salah satu makanan khas Lombok yang wajib dicoba saat berkunjung ke lomnok. Kelaq sabie berbahan dasar utama sabie atau cabe. Cabe ini dijadikan sayur lho? Terdengar aneh kan? Namun rasanya jangan diragukan lagi.

Cabe yang dibuat sayur ini menjadi salah satu kuliner pedas di Lombok. Hal ini dikarenakan kuliner satu ini terkenal dengan cita rasa pedasnya yang menyengat di lidah.

Kelaq sabie diolah menggunakan cabe rawit yang dipotong kecil-kecil dan mencampurnya dengan Gerang (ikan teri kecil-kecil). Meski demikian, ada juga kelaq sabie yang hanya cabe tanpa sayuran apapun.

2. Sejarah kelaq sebie

Website

Kelaq sabie berasal dari kata ‘sabie’ yang dalam Bahasa sasak artinya adalah cabe. Sedangkan kata ‘kelaq’ artinya adalah sayur sehingga kelaq sabie artinya adalah sayur cabe.

Sedangkan bumbu-bumbu lainnya cukup sederhana mulai dari bawang merah, bawang putih, terasi dan santan. Selain menjadi sayuran, kelaq sabie juga seringkali ditambahkan bahan lain seperti ikan tongkol, ikan teri kecil, ataupun sayur terung. 

Meski ditambah dengan bahan lain apapun, kelaq sabie tetap menjadi bahan utama dengan porsi yang lebih banyak. Pengolaan kelaq sabie tergolong cukup mudah yakni dengan cara memasak semua bumbu dan memasukkan semua bahan termasuk bahan utama (sabe). Kemudian tambahkan santan dan masak hingga mengental. Kelaq sabie menjadi makanan legendaris terpedas di Lombok.

Baca Juga: Resep Membuat Sate Tanjung Khas Lombok

Berita Terkini Lainnya