Comscore Tracker

Panduan 7 Kuliner Khas Lombok yang Bikin Siapa aja Ngiler

Menggoyang lidah 🤤

Sebagai destinasi wisata favorit, nama Pulau Lombok terkenal hingga ke mancanegara. Tidak mengherankan karena Lombok memiliki kawasan wisata yang unik untuk disinggahi. Akan tetapi, keindahan alam bukan satu-satunya alasan untuk mengunjungi pulau ini.

Lombok juga memiliki khazanah kuliner yang siap menggoyang lidah para pelancong. Apa saja makanan khas Lombok? Yuk, simak referensinya di bawah ini!

1. Plecing kangkung

Panduan 7 Kuliner Khas Lombok yang Bikin Siapa aja Ngilerinstagram.com/niladriana

Rasanya kurang pas jika berada di Lombok namun tidak mencicipi plecing kangkung. Meskipun tampilan plecing kangkung sederhana, tapi cita rasanya sangat menggugah selera.

Plecing kangkung sendiri terdiri dari sayur kangkung yang direbus kemudian disiram sambal serta taburan kacang goreng yang gurih.

2. Ayam taliwang

Panduan 7 Kuliner Khas Lombok yang Bikin Siapa aja Ngilerinstagram.com/kakefoodie

Kuliner khas Lombok yang satu ini tentunya sangat populer dan menjadi ciri khas kuliner Pulau Lombok. Ayam taliwang sendiri bisa diolah dengan cara dibakar maupun digoreng. Dalam pemilihan daging ayam pun tak sembarangan, karena daging ayam yang akan diolah harus yang masih muda.

Sehingga olahan ayam taliwang yang dihasilkan memiliki tekstur empuk, ditambah bumbu yang meresap ke dalam. Perpaduan inilah membuat ayam taliwang banyak diminati.

3. Sate bulayak

Panduan 7 Kuliner Khas Lombok yang Bikin Siapa aja Ngilerinstagram.com/sasmitaedo

Nama sate bulayak sendiri dicetuskan karena hidangan sate disajikan dengan ketupat yang dibungkus menggunakan daun aren. Sehingga ketupat bulayak memiliki bentuk bulat memanjang.

Sate bulayak dibuat dari daging sapi yang sudah diolah dengan bumbu khas Lombok, dijamin cita rasa gurih nan khas dari sate bulayak sangat menggugah selera.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Manado yang Enak dan Halal, Kamu Harus Coba!

4. Nasi balap puyung

Panduan 7 Kuliner Khas Lombok yang Bikin Siapa aja Ngilerinstagram.com/larastireyma

Nasi balap puyung terdiri dari nasi putih yang disajikan bersama lauk pelengkap seperti suwiran daging ayam, kacang kedelai, rebon kering, abon, dan belut goreng nan krispi.

Sensasi cita rasa nasi balap yang komplit dengan perpaduan pedasnya yang menggigit, bikin ngiler dan perut keroncongan.

5. Bebalung

Panduan 7 Kuliner Khas Lombok yang Bikin Siapa aja Ngilerinstagram.com/kedairanger

Bebalung bisa dibilang mirip tengkleng yang sama-sama dibuat dari tulang, namun bebalung khas Lombok ini terbuat dari tulang iga sapi yang sudah dibumbui dengan perpaduan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, dan kunyit.

Biasanya bebalung identik disajikan dengan taburan bawang goreng yang melimpah. Jadi, kombinasi gurihnya pun melekat.

6. Beberuk terong

Panduan 7 Kuliner Khas Lombok yang Bikin Siapa aja Ngilerinstagram.com/iis_asfriani26

Bisa dibilang beberuk terong disebut 'gado-gadonya' masyarakat Lombok, karena tampilannya yang kaya rasa. Selain itu, beberuk terong juga seringkali dijadikan pelengkap lalapan saat menikmati ayam taliwang, sehingga menghasilkan cita rasa yang pas.

Sajian ini dibuat sesuai namanya, yaitu dibuat dari terong dengan kombinasi bumbu rempah serta perasan air jeruk limau. Cita rasa pedasnya yang segar, nikmat disantap bersama pelengkap nasi hangat.

7. Kelaq kelor

Panduan 7 Kuliner Khas Lombok yang Bikin Siapa aja Ngilerinstagram.com/dapur_resep

Selain plecing kangkung, sajian kelaq kelor khas Lombok ini juga gak kalah nikmat, lho. Ya, kuliner khas Lombok ini dibuat dari daun kelor serta sayuran lain yang dimasak dengan kuah bening. Dengan begitu sensasi rasanya yang menyegarkan, cocok jadi menu sajian yang menyehatkan.

Gak hanya ketujuh kuliner di atas, Lombok juga masih punya kuliner lain yang gak kalah nikmat, lho. Nah, jadi makin penasaran, kan dengan makanan khas Lombok yang cita rasanya benar-benar menggugah selera? Yuk, berkunjung ke Pulau Lombok!

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Punya Sensasi Kuah Gurih, Endeus!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Amir Rosadi di IDN Times Community dengan judul 7 Kuliner Khas Lombok yang Lezat, Siap-siap Bikin Perut Keroncongan!

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya